Pengembangan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang kelas v sd gugus sultan fatah Kecamatan bonang kabupaten demak

ISTIQOMAH, LAILI (2023) Pengembangan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang kelas v sd gugus sultan fatah Kecamatan bonang kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (519kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (737kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (765kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (748kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang, 2) untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang, 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan tahapan penelitian 1) Studi Pendahuluan; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan Format Produk Awal; 4) Uji Coba Awal; 5) Revisi Produk; 6) Uji Coba Lapangan; 7) Revisi Produk; 8) Uji Coba Lapangan; 9) Revisi Produk Akhir; dan 10) Desiminasi dan Implementasi produk. Penelitian dilakukan dengan subjek sebanyak 35 peserta didik dari masing-masing kelas V SDN Serangan 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas V SDN Jatirogo sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, angket, dan test hasil belajar dan dokumentasi. Uji coba instrumen tes hasil belajar meliputi validitas butir soal, reliabilitas, uji taraf kesukaran, dan uji daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang telah melalui tahap perencanaan, proses, evaluasi, validasi produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian produk. (2) Berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa hasil validasi buku saku elektronik berbasis mind mapping masuk ke kategori ‘layak’ sedangkan persentase hasil tanggapan guru dan peserta didik dalam uji coba produk atas penggunaan media buku saku elektronik materi bangun ruang sama-sama memperoleh respon positif sebesar 100%; artinya media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang ini layak untuk dikembangkan dalam pembelajaran. (3) Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan antara nilai prestest dan posttest untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil perhitungan sebesar 74.54%; artinya media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD. Simpulan penelitian ini adalah media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang terbukti layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas V SD. Saran yang dapat disampaikan diharapkan guru dapat menerapkan media buku saku elektronik berbasis mind mapping pada muatan pelajaran serupa atau lainnya dan perlu dikembangkan media buku saku elektronik berbasis mind mapping untuk materi pada muatan pelajaran lainnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Su'ad, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd
Kata Kunci: media buku saku elektronik, mind mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2023 21:31
Last Modified: 10 Jul 2023 21:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18598

Actions (login required)

View Item View Item