ISTIQOMAH, LAILI (2023) Pengembangan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang kelas v sd gugus sultan fatah Kecamatan bonang kabupaten demak. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HAL. JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (519kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (737kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (765kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (391kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (467kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan hasil pengembangan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang, 2) untuk mendeskripsikan tingkat kelayakan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang, 3) Untuk mendeskripsikan keefektifan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang terhadap hasil belajar peserta didik. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D) atau penelitian pengembangan dengan tahapan penelitian 1) Studi Pendahuluan; 2) Perencanaan; 3) Pengembangan Format Produk Awal; 4) Uji Coba Awal; 5) Revisi Produk; 6) Uji Coba Lapangan; 7) Revisi Produk; 8) Uji Coba Lapangan; 9) Revisi Produk Akhir; dan 10) Desiminasi dan Implementasi produk. Penelitian dilakukan dengan subjek sebanyak 35 peserta didik dari masing-masing kelas V SDN Serangan 2 sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas V SDN Jatirogo sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, angket, dan test hasil belajar dan dokumentasi. Uji coba instrumen tes hasil belajar meliputi validitas butir soal, reliabilitas, uji taraf kesukaran, dan uji daya beda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengembangan media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang telah melalui tahap perencanaan, proses, evaluasi, validasi produk, revisi produk, dan uji coba pemakaian produk. (2) Berdasarkan validasi dari ahli materi dan ahli media menunjukkan bahwa hasil validasi buku saku elektronik berbasis mind mapping masuk ke kategori ‘layak’ sedangkan persentase hasil tanggapan guru dan peserta didik dalam uji coba produk atas penggunaan media buku saku elektronik materi bangun ruang sama-sama memperoleh respon positif sebesar 100%; artinya media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang ini layak untuk dikembangkan dalam pembelajaran. (3) Berdasarkan hasil perhitungan N-Gain yang dilakukan untuk mengetahui peningkatan antara nilai prestest dan posttest untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata hasil perhitungan sebesar 74.54%; artinya media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD. Simpulan penelitian ini adalah media buku saku elektronik berbasis mind mapping materi bangun ruang terbukti layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas V SD. Saran yang dapat disampaikan diharapkan guru dapat menerapkan media buku saku elektronik berbasis mind mapping pada muatan pelajaran serupa atau lainnya dan perlu dikembangkan media buku saku elektronik berbasis mind mapping untuk materi pada muatan pelajaran lainnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Su'ad, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd |
Kata Kunci: | media buku saku elektronik, mind mapping |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 21:31 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 21:31 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18598 |
Actions (login required)
View Item |