Pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis permainan cublak- cublak suweng untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas vi sd n 6 blingoh Kecamatan donorojo

SUMARTINI, TITIK (2023) Pengembangan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis permainan cublak- cublak suweng untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas vi sd n 6 blingoh Kecamatan donorojo. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi oleh motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 6 SDN 6 Blingoh di Kecamatan Donorojo Jepara yang rendah. Hal ini dipicu oleh pembelajaran yang monoton dan kurang menarik sehingga siswa mudah bosan dan kurang berkonsentrasi. Selain itu kreatifitas guru kurang, minimnya media/ model yang digunakan, ketergantungan siswa pada gadget, sulitnya akses jaringan dan informasi, pembelajaran konvensional masih mendominasi guru Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dari model inkuiri terbimbing dengan permainan tradisional. Tujuan penelitian mengembangkan model inkuiri terbimbing dengan permainan cublak-cublak suweng untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian berupa sintak pembelajaran hasil pengembangan dan modul pembelajaran. Tahapan pengembangan terdiri dari perencanaan, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk dan implementasi. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media diperoleh skor 3,78 dan 4,03 dalam kategori baik. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pengembangan layak untuk diterapkan. Sedangkan analisis data menggunakan uji reliabilitas, uji validitas dan uji kelayakan ( respon pengguna). Uji Reliabilitas menggunakan alpha Cronbach’s dengan nilai 0,817 untuk variabel x, artinya data dalam kategori reliabilitas kuat dan 0,783 untuk variabel y artinya data dalam kategori reliabilitas mencukupi. Hasil uji normalitas pada angka 0,229 > 0,05, artinya data menunjukkan distribusi normal. Sedangkan untuk menilai pengaruh variabel x terhadap variabel y dengan uji t analisis linier berganda, jika nilai Sig < 0,05 maka ada pengaruh antara x dan y. Hasil uji-t diperoleh nilai Sig -1,038 < 0,05, dapat disimpulkan bahwa H₁ diterima, artinya ada pengaruh antara variabel x dan variabel y. Berdasarkan penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan model inkuiri terbimbing berbasis permainan cublak-cublak suweng berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas 6 materi perkembangbiakan pada tumbuhan. Hasil validasi ahli materi dan media dan uji respon pengguna menunjukkan bahwa pengembangan model layak diterapkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Nur Fajrie, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Slamet Utomo, M.Pd
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, permainan cubak-cublak suweng, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jul 2023 22:51
Last Modified: 10 Jul 2023 22:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18608

Actions (login required)

View Item View Item