Analisis Game Online terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Langse

ERMAWATI, DIANA Analisis Game Online terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Langse. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
1. 2 Juni 2023 Analisis Game Online terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Langse.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
1. SIMILARITY 2 Juni 2023 Analisis Game Online terhadap Interaksi Sosial Siswa di SDN Langse.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan game online terhadap interaksi sosial siswa di SDN Langse. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Langse Kota Pati. Sumber data primer pada penelitian ini yakni 5 orang tua dan 5 siswa, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi, catatan penelitian, buku dan jurnal relevan yang terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan mengacu kepada konsep dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Realitas penggunaan game online rata-rata sudah bermain gadget, terutama siswa laki-laki menggunakannya untuk bermain game online; (2) Dampak game online terhadap interaksi sosial siswa memiliki dampak positif dan negatif; (3) Tindak lanjut yang diberikan yaitu dengan membatasi siswa bermain gadget, lebih tegas dalam mengambil keputusan kepada siswa yang masih bandel membawa gadget, memberikan edukasi kepada siswa bahwa penting berinteraksi dengan yang lainnya.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 13 Jul 2023 21:15
Last Modified: 13 Jul 2023 21:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18612

Actions (login required)

View Item View Item