ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO

ERMAWATI, DIANA ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
3. 18 Juni 2023 ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
3. SIMILARITY 18 Juni 2023 ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini berlatar belakang dari adanya siswa yang mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika materi pembagian pecahan. Mengetahui jenis dari kesulitan belajar yang dialami oleh siswa merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dan dilaksanakan di SD Negeri Sidomulyo, Rembang. Enam siswa kelas V dan guru kelas V menjadi informan dalam penelitian. Teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Analisis data yang digunakan yaitu model Robert K.Yin terdiri dari penjodohan pola, pembuatan eksplanasi atau penjelasan, dan analisa deret waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa yang dijadikan informan mengalami kesulitan dalam memahami sebuah konsep dan mempunyai penguasaan materi yang rendah pada materi pembagian pecahan. Simpulan dari penelitian ini adalah enam siswa kelas V tersebut terbukti mengalami kesulitan dalam memahami sebuah konsep pada materi pembagian pecahan.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 13 Jul 2023 21:31
Last Modified: 13 Jul 2023 21:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18614

Actions (login required)

View Item View Item