Hubungan Frekuensi Bermain Game Mobile Legend terhadap Tingkat Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar

ERMAWATI, DIANA Hubungan Frekuensi Bermain Game Mobile Legend terhadap Tingkat Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan).

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
4. 8 Mei 2023 Hubungan Frekuensi Bermain Game Mobile Legend terhadap Tingkat Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
4. SIMILARITY 8 Mei 2023 Hubungan Frekuensi Bermain Game Mobile Legend terhadap Tingkat Interaksi Sosial Siswa Sekolah Dasar.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan hubungan antara frekuensi bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial pada siswa di SDN 03 Temulus. Game online adalah permainan yang dimainkan di dalam suatu jaringan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jumlah Populasi 22 siswa kelas V dan VI SDN 03 Temulus dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dengan menggunakan pengukuran skala likert, dan observasi. Serta menggunakan analisis deskriptif variabel, uji prasyarat analisis, dan analisis hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Hasil uji hipotesis dengan korelasi Product Moment diperoleh rhitung sebesar (-4,138) lebih besar dari rtabel Product Moment sebesar 2,093 pada taraf signifikansi 5%. Hasil menunjukkan bahwa rhitung > rtabel, sehingga terdapat hubungan yang signifikan antara frekuensi bermain game Mobile Legends Bang-bang (X-1) dengan interaksi sosial siswa SDN 03 Temulus (Y). Profitabilitas berpengaruh negatif menunjukan hubungan terbalik (X naik dan Y turun). Artinya semakin tinggi frekuensi siswa dalam bermain game Mobile Legends (X-1), maka semakin rendah interaksi sosial yang dimiliki oleh siswa (Y). Frekuensi bermain game Mobile Legends terhadap interaksi sosial diperoleh rhitung sebesar 54,305 dengan profitabilitas berpengaruh negatif jika durasi dan frekuensi bermain game Mobile Legends naik maka interaksi sosial siswa akan menurun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan signifikan yang berpengaruh negatif antara frekuensii bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial siswa.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 13 Jul 2023 21:33
Last Modified: 13 Jul 2023 21:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18615

Actions (login required)

View Item View Item