PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA POWTOON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO

ERMAWATI, DIANA PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA POWTOON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
7. 18 Juni 2023 PENERAPAN MODEL JIGSAW BERBANTUAN MEDIA POWTOON DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SIDOMULYO 1.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
7. SIMILARITY 18 Juni 2023 PENERAPAN MODEL JIGSAW.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Hasil belajar adalah capaian yang diperoleh siswa setelah melaksanakan kegiatan pembelajaran, pada hasil belajar nantinya akan terlihat peningkatan dari siswa itu sendiri. Untuk mencapai hasil belajar yang baik guru harus menggunakan model pembelajaran dan media pembelajaran untuk menunjang proses pembelajaran. Model jigsaw sendiri merupakan model pembelajaran berkelompok yang dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran dan penggunaan media powtoon berupa video pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar siswa. Dari hasil observasi peneliti menemukan bahwa siswa kurang antusias saat mengikuti proses pembelajaran dan hasil belajar siswa yang menurun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model Jigsaw berbantuan media Powtoon. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN Sidomulyo 1 dengan subjek penelitan 36 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, variabel bebas adalah model jigsaw dan variable terikat adalah hasil belajar. Hasil belajar siswa mengalami peningkaan dimulai dari siklus I memperoleh kriteria ketuntasan minimal sebesar 69,44% dan meningkat menjadi 78%.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 13 Jul 2023 21:42
Last Modified: 13 Jul 2023 21:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18618

Actions (login required)

View Item View Item