Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal

ERMAWATI, DIANA Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Educatio.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
8. 30 Mei 2023 Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal.pdf - Published Version

Download (580kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
8. SIMILARITY 30 Mei 2023 Respon Siswa SD Terhadap Modul Digital Materi Teks Nonfiksi Berbasis Kearifan Lokal.pdf - Accepted Version

Download (2MB) | Preview

Abstrak

Kecanggihan teknologi digital dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan media pembelajaran yang efektif dan menarik bagi siswa sekolah dasar. Penggunaan modul digital yang diintegrasikan dengan kearifan lokal sebagai media pembelajaran yang inovatif diharapkan dapat mendukung proses pembelajaran menjadi lebih berkualitas. Tujuan penelitian ini menganalisis respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal di SDN Ngepon 1 Tuban. Metode penelitian yang digunakan menerapkan metode campuran (mixed methods) dengan model varian sequential explanatory. Data yang digunakan berupa analisis angket respon siswa dan diperkuat dengan wawancara. Sampel penelitian menggunakan 5 orang siswa kelas V di SDN Ngepon 1 Tuban dengan uji coba skala terbatas. Hasil angket respon siswa terhadap modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban memperoleh skor sebesar 91% dan dikategorikan sangat positif. Modul digital materi teks nonfiksi berbasis kearifan lokal Tuban mendapat tanggapan sangat menarik bagi siswa untuk digunakan dalam pembelajaran, memiliki penyajian materi yang sangat jelas dan mudah dipahami, serta dapat memudahkan siswa dalam menulis teks nonfiksi secara mandiri.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 13 Jul 2023 21:45
Last Modified: 13 Jul 2023 21:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18619

Actions (login required)

View Item View Item