Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Melalui Strategi Later U Pada Siswa Kelas 5 SD N 3 PIJI

ERMAWATI, DIANA Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Melalui Strategi Later U Pada Siswa Kelas 5 SD N 3 PIJI. Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi.

[thumbnail of Artikel]
Preview
Text (Artikel)
9. 8 Juli 2023 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal Melalui Strategi Later U Pada Siswa Kelas 5 SD N 3 PIJI.pdf - Published Version

Download (179kB) | Preview
[thumbnail of Hasil Cek Plagiasi]
Preview
Text (Hasil Cek Plagiasi)
9. SIMILARITY 8 Juli 2023 Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Bilangan Desimal.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Pemahaman yang baik pada konsep matematika pastinya akan membantu pemecahan masalah pada persoalan masalah sehari-hari. Bagi seorang siswa memahami suatu pemahaman konsep matematika sangat membantu dalam menyelesaikan masalah pada soal. Salah satu materi pembelajaran siswa kelas V adalah materi bilangan desimal, siswa kelas V di SD 3 Piji mengalami kesulitan pada materi bilangan desimal terutama pada bagian menyelesaikan masalah dan penempatan koma. Salah satu strategi yang dilakukan guru kelas V SD 3 Piji adalah menggunakan model tempat duduk later u. Penataan tempat duduk yang baik diharapkan akan menciptakan kondisi belajar yang kondusif, menyenangkan bagi siswa dan dengan formasi tempat duduk model u diharapkan semua siswa saat proses pembelajaran bisa fokus kepada guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep bilangan desimal melalui strategi later u pada siswa kelas V di SD 3 Piji. Subjek pada penelitian ini adalah 6 siswa yaitu 2 siswa pintar, 2 siswa sedang, dan 2 siswa kurang pintar. Teknik pengambilan subjek ini menggunakan teknik purposive karena dalam pengambilan subjek adanya pertimbangan tertentu seperti siswa paling pintar, siswa sedang dan siswa yang kurang pintar. Hasil dari penelitian ini adalah siswa kelas V lebih antusias dan mengikuti pembelajaran dengan strategi tempat duduk later u. Dalam hal ini, strategi tempat duduk later u memberikan dampak positif terhadap siswa dan guru.

Item Type: Article
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Depositing User: Mr Ndaru Realistian
Date Deposited: 13 Jul 2023 21:47
Last Modified: 13 Jul 2023 21:47
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item