Evaluasi implementasi kurikulum 2013 Di madrasah ibtidaiyah kecamatan Sedan kabupaten rembang

Bahri, Saiful (2023) Evaluasi implementasi kurikulum 2013 Di madrasah ibtidaiyah kecamatan Sedan kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustka]
Preview
Text (Daftar Pustka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap implementasi Kurikum 2013 di Madarasah Ibtidaiyah Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang. Komponen implementasi kurikulum yang dievaluasi meliputi: (1) kondisi siswa, (2) kondisi guru, (3) kondisi sarana prasarana, (4) perencanaan pembelajaran, (5) pelaksanaan pembelajaran tematik integrative berbasis saintifik, (6) pelaksanaan penilaian autentik, dan (7) hasil penilaian autentik terkait aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Jenis penelitian kuantitatif dengan model evaluasi yang digunakan yaitu model evaluasi Stake Countenance Models (evaluasi 3 tahapan antecedent, transaction, dan outcomes). Evaluasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi yang berupa data komponen implementasi kurikulum untuk kemudian dibandingkan dengan standar dari Kemdikbud. Subjek penelitian ini Kepala Madrasah, tenaga pendidik, peserta didik. Teknik sampling dengan purposive sampling technique. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, angket dan lembar dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian tahap pendahuluan (Antecedent) kondisi siswa aspek kesiapan (83% kategori baik) dan keaktifan (80%). Kondisi guru belum sepenuhnya sesuai standar 89,5% (baik). Kondisi sarana prasarana dilihat dari ruang kelas dan kelengkapannya, ruang perpustakaan, dan alat peraga/media di laboratorium berkategori sangat baik dengan persentase 58,3%. Pemahaman guru terhadap kurikulum belum sepenuhnya sesuai standar dengan persentase 62,5% yang berkategori sangat baik. Kondisi perencanaan pembelajaran untuk data berkategori sangat baik sebanyak 50%, kategori baik sebanyak 45%. Tahap proses terdiri dari kondisi pelaksanaan pembelajaran didapatkan berkategori sangat baik 66.7%, kategori baik 25%, dan kategori kurang 83%. Kondisi pelaksanaan penilaian autentik berkategori sangat baik 80%, berkategori baik sebanyak 15%, kategori kurang sebanyak 5%, dan kategori sangat kurang tidak ada (0%). Tahap Hasil (Outcomes) yaitu penilaian autentik yang meliputi nilai aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan kehadiran siswa. Data hasil penilaian autentik yang berkategori sangat baik 41,7%, berkategori baik 58,3%. Sedangkan yang berkategori kurang berkategori sangat kurang tidak ada (0%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua komponen belum memenuhi standar (100%). Disarakan agar peningkatan kondisi siswa dilakukan dengan cara guru aktif dan kreatif dalam memotivasi siswa. Sekolah memiliki program penggunaan sarana dan prasarana. Peningkatan pemahaman guru terhadap kurikulum 2013 melalui kegiatan kelompok kerja guru (KKG) dengan pendampingan dari pengawas sekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sri Utaminingsih,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Drs.Gunawan Setiadi.,M.Pd
Kata Kunci: Aiman, Ummu. 2016. “Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Madrasah 1(1):115–22. Aimna, Ummu. 2016. “Evaluasi Pelaksanaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013; Studi Kasus Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan Madrasah 1(1). Arofah, Eli Fitrotul. 2021. “Evaluasi Kurikulum Pendidikan.” Jurnal Tawadhu 5(2). Asiyah. 2014. “Peningkatan Keteladanan Akhlak Mulia Dan Kompetensi Pendidik Dalam Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013.” Prosiding Seminar Nasional Dan Temu Alumni “peran Pendidikan Dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Astuti, Dwi. 2018. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 6(2):7–14. Astuti, Dwi Ariani. 2018. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 6(2):7–14. Astuti, Dwi Ariani, Samsi Haryanto, and Yuli Prihatni. 2018. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013.” Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 6(1):7. doi: 10.30738/wd.v6i1.3353. Bachtiar, R. 2016. “Model Evaluasi Countenance Stake Menggunakan Pendekatan Analisis Rasch Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif.” Jurnal UNEJ 9(2). Bachtiar, R. W. 2016. “Model Evaluasi Countenance Stake Menggunakan Pendekatan Analisis Rasch Terhadap Keterampilan Pemecahan Masalah Kolaboratif.” Badrudin. 2021. Wawancara Kepala MIN 1 Kab. Rembang Tahun 2021. Danurwindo, Fazar Tri. 2016. “Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Gambar Konstruksi Bangunan Gedung.” Jurnal Evaluasi Pembelajaran 2(1):1–7. Djumali & Erlina W. 2018. “Implementasi Pendidikan Karakter Kurikulum 2013 Di SMK Batik 1 Surakarta.” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial 28(1):31–40. Fadlilah. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran MI/SD. Jakarta: Ar Ruzz Media. Fadlillah, M. 2018. Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI/SMP/MTS & SMA/MA. Yogyakarta: Ar Ruzz Media. Febriani, W. D., G. S. Sidik, and R. F. Zahrah. 2020. “Analisis Pengelolaan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Bangsa 7(1):60–72. doi: 10.46244/tunasbangsa.v7i1.976. Febriani, Winarti. 2020. “Analisis Pengelolaan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar.” Jurnal Tunas Bangsa 7(1). Fullan, M. .. 2017. School Development: The New Meaning of Educational Change. New York: Teachers College Press. Gunadi. 2016. “Identifikasi Kompetensi SMK Program Studi Otomotif Dalam Rangka Implementasi Kebijakan Kurikulum 2013.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan 22(2):155–62. Hamalik, Oemar. 2016. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Hidayat, Sholeh. 2017. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Husaini, U & Nuryadin, ER. 2016. “Strategi Kepemimpinan Pembelajaran Menyongsong Implementasi Kurikulum 2013.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 32(1). Iknatia, Indani. 2018. “Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Rejotangan Tulungagung.” Jurnal Pendidikan. Istiqomah. 2021. Wawancara Wali Kelas IV MIN 1 Rembang Kab. Rembang Tahun 2021. Kemendibud. 2014. Struktur Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kemendikbud. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SD Kelas IV. Jakarta: Kemendikbud. Kemendikbud. 2017. Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayan RI No. 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Kunandar. 2014. Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidik (KTSP) Dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Press. Leoloco, Endan & Amri, Sofian. 2014. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Prestasi. Luhanarky, Ayu. 2019. “Evaluasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Matematika Permulaan Di Tk Negeri Pembina Cirebon.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak 5(2). Magdalena, Ina. 2018. “Evaluasi Penerapan Pembelajaran K13 Di Sekolah Dasar Dharmawati Arief Tangerang.” Manazhim : Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan. Majid, A. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 Kajian Teoritis Dan Praktis. Bandung: Interes Media. Makaborang, Yohana. 2019. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Di SMA Negeri.” Jurnal Manajemen Pendidikan 6(2). Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. 2015. Pengembangan Dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Mulyasa, E. 2017. Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muslich, Masnur. 2016. Autentik Assessment : Penilaian Berbasis Kelas Dan Kompetensi. Bandung: Refika Aditama. Noviatmi, Andri. 2015. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas I & IV SD Di Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan. Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Bahasa. Yogjakarta: Gadjah Mada University Press. Nurkholis, Muhammad Eri Hadiana. 2019. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Tsanawiyah (MTs).” Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 2(2):233–58. Nurmin. 2013. “Evaluasi Kemampuan Guru Dalam Mengimplementasi Pembelajaran Tematik Di SD Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.” Jurnal Prima Edukasia, 1(2). Nurmin, Nurmin, and Badrun Kartowagiran. 2013. “Evaluasi Kemampuan Guru Dalam Mengimplementasi Pembelajaran Tematik Di Sd Kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.” Jurnal Prima Edukasia 1(2):184–94. doi: 10.21831/jpe.v1i2.2635. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. “Pengembangan Kurikulum 2013.” Jakarta.: Kemendikbud. Qondias, Dimas. 2018. “Studi Evaluasi Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar Di Wilayah Timur Indonesia.” Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa 4(1). Rahmatullah, Rahmatullah, and Jumadi Jumadi. 2020. “Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Menengah Atas Di Kota Mataram.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(2):210–21. doi: 10.24832/jpnk.v5i2.1697. Rahmatullah & Jumadi. 2020. “Evaluasi Keterlaksanaan Kurikulum 2013 Pada Sekolah Menengah Atas Di Kota Mataram.” Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 5(2). Rapidli. 2018. “Evaluasi Implementasi Kurikulim 2013 (Studi Kasus Di MIN 2 Bogor).” Jurnal Pendidikan. Rizkia, Novita. 2020. “Analisis Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terhadap Pembelajaran Kimia SMA.” Lantanida Journal 8(2). Rizkia, Noviza, Sabarni Sabarni, Azhar Azhar, Elita Elita, and Rahmah Diana Fitri. 2021. “Analisis Evaluasi Kurikulum 2013 Revisi 2018 Terhadap Pembelajaran Kimia Sma.” Lantanida Journal 8(2):168. doi: 10.22373/lj.v8i2.8119. Rohma, Allifur. 2019. “Implementasi Kurikulum 2013 Di Madrasah Ibtidaiyah KAHASRI Kota Probolinggo Tahun Pelajaran 2018/2019.” EDUCARE: Journal of Primary Education 1(1):49–64. Rusman. 2015. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada. Şahin, S. 2016. “Education Supervisors’ Views on the New Curriculum and Its Implementation in Primary Schools.” Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research 53:1–20. Sugiyono. 2017. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D.” 54–71. Suharsinimi, Arikunto. 2016. Evaluasi Program Pendidikan Pedoman Teoritis Praktis Bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Sumarni. 2017. “Evaluation Of The Implementation of 2013 Curriculum in Madrasah.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan 15(3):387–404. Suryatmi, Irmi. 2019. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 Kelas I Dan IV SD Di Kecamatan Air Kumbang.” Jurnal Pendidikan. Syafrudin, Nurdin. 2014. Guru Profesional Dan Implementasi Kurikulum. Jakarta: Ciputat Press. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003. 2014. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Wasisto, A & Warso, Dwi Doso. 2016. Proses Pembelajaran Dan Penilaiannya Di SD/MI/SMP/MTs/MA/SMK. Yogjakarta: Graha Cendekia. Zulkifli, Muhammad. 2018. “Analisis Bentuk Evaluasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MI.” Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 2(2):125–43. doi: 10.35931/am.v0i0.29.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Jul 2023 21:41
Last Modified: 17 Jul 2023 21:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18686

Actions (login required)

View Item View Item