Perlindungan hukum pojk nomor 14/pojk.05/2020 terhadap debitor lembaga pembiayaan (leasing) terdampak pandemi covid-19

Sunar, Sunar (2023) Perlindungan hukum pojk nomor 14/pojk.05/2020 terhadap debitor lembaga pembiayaan (leasing) terdampak pandemi covid-19. Master thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (373kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar pustaka]
Preview
Text (Daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview

Abstrak

Pokok permasalahan yang dibahas dalam tesis ini adalah bentuk perlindungan hukum POJK Nomor : 14/POJK.05/2020 terhadap debitor lembaga pembiayaan (leasing) terdampak pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini dan perlindungan hukum terhadap debitor oleh lembaga pembiayaan (leasing) terdampak pandemi covid-19 sudah memenuhi nilai keadilan. Berangkat dari permasalahan yang demikian, maka pendekatan utama dalam penelitin ini adalah menggunakan metode pendekatan yuridis normative, yaitu penelelitian dalam rangka peninjauan terhadap norma hukum juga dapat digunakan bersama-sama dengan metode pendekatan yang lain Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa bentuk perlindungan hukum POJK Nomor : 14/POJK.05/2020 terhadap Debitor Lembaga Pembiayaan (Leasing) Terdampak Pandemi Covid-19 saat ini, bentuknya berbeda-beda antara Lembaga Pembiayaan (leasing) yang satu dengan Lembaga Pembiayaan (leasing) yang lain, namun tujuannya sama yaitu memberikan kebijakan keringanan dan penyesuaian pengangsuran kepada debitur terdampak Pandemi Covid-19. Perlindungan oleh PT.BFI Finance Kudus berupa Recall, Restruktur, dan Holiday. Perlindungan oleh PT. Summit OTO Finance Kudus, berupa Rescheduling (perubahan jangka waktu pembayaran kewajiban nasabah); Reconditioning (perubahan sebagian atau seluruh persyaratan seperti, perubahan jadwal pembayaran/jumlah angsuran/jangka waktu pembayaran/nisbah dalam pembayaran mudharabah atau musyarakah atau dengan pemberian potongan; Restructuring (penambahan dana pembiayaan/konversi akad pembiaayan/konversi pembiayaan menjadi surat berharga syariah berjangka waktu menengah atau menjadi penyertaan modal sementara pada perusahaan nasabah. Perlindungan hukum terhadap debitor oleh Lembaga Pembiayaan (Leasing) terdampak pandemi Covid-19 pada umumnya perlindungan hukum terhadap debitur terutama terhadap debitur yang mengalami musibah terdampak Covid-19 sehingga kemampuan untuk membayar kredit tidak ada, dapat teratasi dengan jalan Rescheduling, Reconditioning, Restructuring atau kombinasi ketiganya. Dalam praktiknya, ternyata terdapat beberapa faktor yang menghambat perlindungan kepada debitur belum memenuhi nilai keadilan, yaitu syarat-syarat yang ketat dan eksistensi lemabaga pembiayan juga harus bisa bertahan dalam situasi sulit.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Dr.Sukresno,SH.,MS DOSEN PEMBIMBING 2 :Dr.Hidayatullah,SH.,M.Hum
Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Debitur, Lembaga Pembiayaan, Nilai Keadilan.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Perundang-undangan tentang industri, perdagangan, dan bisnis. Hukum ketenagakerjaan
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Jul 2023 20:36
Last Modified: 24 Aug 2023 19:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18739

Actions (login required)

View Item View Item