Peradilan pidana terhadap anak yang Berhadapan dengan hukum yang proses diversinya gagal

Rohmad, Rohmad (2023) Peradilan pidana terhadap anak yang Berhadapan dengan hukum yang proses diversinya gagal. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (922kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (535kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (426kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Peradilan Pidana Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Yang Proses Diversinya Gagal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peradilan Pidana Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Yang Proses Diversinya Gagal dan untuk mengetahui proses peradilan yang diversinya gagal dalam penanganan tindak pidana yang dilakukan oleh anak. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode doktrinal atau metode penelitian yang normative, dengan teknik data sekunder diperoleh dengan cara studi kepustakaan, yang meliputi bahan hukum primer maupun bahan hukum sekunder, yaitu studi kasus BAP putusan pengadilan serta peraturan perundang-undangan, buku-buku, makalah, jurnal, hasil seminar, dan situs internet. Hasil penelitian ini menunjukkan proses peradilan anak bahwa: 1) Pelaksanaan pidana yang diversinya gagal, dalam proses penanganan tindak pidana yang dilakukan oleh anak yang dimulai dari tingkatan penyidikan, penuntutan, persidangan, sampai pada implementasi penanganan tindak pidana yang dilakukan oleh anak oleh Balai Pemasyarakatan. Dalam proses peradilan Diversinya gagal kesepakatan Proses diversi gagal tidak mencapai kesepakatan, penyidik menyampaikan berita acara diversi gagal, maka penyidik wajib melanjutkan penyidikan dan melimpahkan perkara ke penuntut umum dengan melampirkan berita acara diversi dan laporan penelitian kemasyarakatan. pada simpulan pendapat peneliti bahwa pelimpahan masalah anak pada kasus satu dan dua dilanjutkan ke penuntut umum di pengadilan sesuai kasus. Rumusan dakwaan sepakat untuk mengadakan diversi. Namun upaya diversi terhadap Anak tersebut tidak mencapai keberhasilan atau diversinya gagal karena pelaku timdak pidana diancam dengan pidana tujuh tahun sehingga perkara anak berlanjut pada tahap pemeriksaan Sidang di pengadilan Negeri dan menghasilkan putusan pemidanaan hakim dalam memutuskan keputusan pidana pada kasus satu dan dua dengan Tujuh Tahun sampai dua belas tahun putusan pengadilan. 2) Kendala proses pelaksanaan ketidak tercapainya Diversi dalam penanganan tindak pidana yang dilakukan oleh anak, yang walaupun keadilan restorative justice dan Diversi menjadi alternatif penanganan anak yang berhadapan dengan hukum pada pelaksanaannya masih banyak kendala yang dihadapi oleh sistem peradilan pidana anak, khususnya yang berkaitan dengan institusi dan prasarana baru, faktor masyarakat dan kendala yang berkaitan dengan aparat pelaksana diversi itu sendiri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Hidayatullah, S.H., M.Hum
Kata Kunci: Peradilan Pidana Terhadap Anak Yang Berhadapan Dengan Hukum Yang Proses Diversinya Gagal
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Perundang-undangan tentang industri, perdagangan, dan bisnis. Hukum ketenagakerjaan
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jul 2023 18:50
Last Modified: 24 Aug 2023 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18751

Actions (login required)

View Item View Item