Adhi Duta Bayu Pratama, Ardha (2023) Analisis penggunaan game online terhadap interaksi sosial anak siswa kelas v sdn langse kecamatan margorejo kabupaten pati. Sarjana thesis, universitas muria kudus.
Preview |
Text (Hal.Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (537kB) | Preview |
Preview |
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version Download (305kB) | Preview |
Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
|
Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (310kB) | Request a copy |
|
Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
|
Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (123kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (181kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (795kB) | Request a copy |
Abstrak
Perkembangan game online sudah menguasai banyak orang dan terutama kepada anak sekolah dasar. Analisis dampak game online diharapkan siswa agar tidak kecanduan dalam bermain game online dan lebih berinteraksi ke sesama teman. Sebagai pendidik dan orang tua juga berperan penting dalam perkembangan anak dan mengontrol segala aktivitas anak supaya tidak kecanduan game online. Tujuan dari penelitian ini yakni pengaruh game online terhadap interaksi sosial anak sekolah di SDN Langse Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Game online adalah salah satu media yang berkembang pesat di era zaman ini. Game juga merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang ada dibumi ini. Jenis jenis game onlone, yakni 1) Strategy game, 2) Fighting game, 3) Adventure Game, 4) Shooter game, 5) Role-Playing Game (RPG), 6) Racing Game dan 7) Education and Edutainment. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode diskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Langse Kota Pati. Sumber data pimer pada penelitian ini yakni 5 orang tua dan 5 siswa, sedangkan sumber data sekunder didapatkan dengan dokumentasi, catatan penelitian, buku dan jurnal relevan yang terkait penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan mengacu kepada konsep dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Realitas penggunaan game online rata-rata sudah bermain gadget, terutama siswa laki-laki menggunakannya untuk bermain game online; (2) Dampak game online terhadap interaksi sosial anak memiliki dampak positif dan negatif; (3) Tindak lanjut yang diberikan yaitu dengan membatasi anak bermain gadget, lebih tegas dalam mengambil keputusan kepada siswa yang masih bandel membawa gadget, memberikan edukasi kepada siswa bahwa penting berinteraksi dengan yang lainnya. Hal-hal yang perlu dilakukan pendidik yaitu guru hendaknya lebih memperhatikan anak yang dalam berinteraksi kurang, memberikan semangat dan nasihat bahwa berteman dengan yang lain itu penting dan memberitahu yang lainnya jangan saling membully karena bisa membuat anak semakin tidak mau berinteraksi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | DOSEN PEMBIMBING 1 :Ika Ari Pratiwi,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :Diana Ermawati,S.Pd.,M.Pd |
Kata Kunci: | Dampak game online; interaksi sosial anak, teknologi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Jul 2023 20:55 |
Last Modified: | 21 Jul 2023 20:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18770 |
Actions (login required)
View Item |