Penegakan hukum terhadap tindak pidana transfer dana yang dilakukan dengan pemanfaatan kesalahan sistem pada mesin atm (studi kasus putusan pengadilan negeri pati nomor 81/pid.sus/2020/pn pti)

FARID, AKHLA (2023) Penegakan hukum terhadap tindak pidana transfer dana yang dilakukan dengan pemanfaatan kesalahan sistem pada mesin atm (studi kasus putusan pengadilan negeri pati nomor 81/pid.sus/2020/pn pti). Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (778kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (308kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (422kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (336kB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini dengan penegakan hukum terhadap tindak pidana transfer dana yang dilakukan dengan pemanfaatan kesalahan sistem pada mesin ATM. Salah satu pelayanan jasa bank adalah layanan transfer dana. Pemindahan uang atau pengiriman (transfer atau remittence) maksudnya bank melakukan pengiriman sejumlah uang baik dalam rupiah maupun dalam valuta asing yang ditujukan kepada pihak tertentu ditempat yang berbeda. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis normatif atau metode pendekatan hukum doktrinal yaitu pendekatan secara ilmu hukum dengan menggunakan metode dogmatis hukum. Untuk mengklasifikasikan data primer, pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan (observasi). Pembahasan tesis ini, peneliti menggunakan metode deskriptif analistis untuk menuliskan fakta dan memperoleh gambaran menyeluruh mengenai peraturan perundang-undangan dan dikaitkan dengan teori-teori hukum dalam praktik pelaksanaanya yang menyangkut permasalahan yang diteliti. Selanjutnya akan menggambarkan antara pengaturan mengenai bentuk penyelesaian atas kesalahan dalam sistem ATM dan upaya hukumnya. Serta memahami dampak terhadap risiko yang kemungkinan terjadi di dunia perbankan. Berdasarkan pertimbangan unsur-unsur dalam Pasal 85 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2011 tentang Transfer Dana juncto Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP dan Pasal 3 dan 5 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang tersebut telah terbukti secara sah dan menyakinkan terdakwa telah melakukan tindak pidana sehingga Terdakwa I dijatuhi pidana penjara selama selama 12 (dua belas) tahun dan Terdakwa II dijatuhi hukuman pidana penjara selama 7 (tujuh) tahun dan masing-masing denda sebesar Rp.100.000.000,00.- (seratus juta rupiah) subsidiair 6 (enam) bulan penjara. Vonis yang dijatuhkan belum menunjukkan unsur keadilan karena sudah merugikan Bank Jateng sebesar 11 (sebelas) milyar rupiah yang dilakukan selama 7 bulan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Iskandar Wibawa, S.H.,M.H
Kata Kunci: pertimbangan hukum, transfer dana, keadilan putusan hakim
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Perundang-undangan tentang industri, perdagangan, dan bisnis. Hukum ketenagakerjaan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Jul 2023 21:08
Last Modified: 24 Aug 2023 19:38
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18771

Actions (login required)

View Item View Item