Anjarsari, Tyas Windi (2023) Reinforcement used by student teachers in microteaching class in english education department of universitas muria kudus in academic year 2020/2021. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (295kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (326kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (434kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Dalam praktek kelas microteaching, siswa guru melakukan kegiatan pembelajaran dimana beberapa siswa menjadi siswa dan salah satu siswa menjadi guru. Dalam proses pembelajaran mereka menerapkan atau memberikan penguatan kepada siswa. Penguatan merupakan cara guru atau calon guru di masa yang akan datang untuk memotivasi dan menarik minat siswa untuk meningkatkan motivasi belajarnya sehingga menjadi lebih baik. Ada beberapa jenis penguatan dan sebagai calon guru dimasa depan, siswa guru mengetahui dan memiliki strategi agar cara penyampaiannya dapat diterima dengan baik oleh siswanya. Berdasarkan penjelasan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis penguatan yang digunakan siswa guru dalam praktik mengajar di kelas microteaching dan juga alasan mengapa siswa guru menggunakan jenis penguatan tersebut dalam praktik mengajar di kelas microteaching. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif khususnya metode fenomena untuk mendeskripsikan penguatan yang digunakan oleh siswa guru di kelas microteaching. Data penelitian ini adalah jenis penguatan yang digunakan dan alasan penggunaan jenis penguatan tersebut dalam praktik mengajar di kelas microteaching di Universitas Muria Kudus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan dokumentasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah delapan siswa guru kelas B di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus tahun pelajaran 2020/2021. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa guru menggunakan beberapa jenis penguatan yaitu penguatan verbal, gestural, aktivitas, kedekatan dan token. Penguatan yang sering digunakan adalah penguatan verbal. semua siswa guru tidak menerapkan contact reinforcement dalam praktik kelas microteaching. Selain itu juga terdapat alasan mahasiswa calon guru menggunakan jenis penguatan tersebut dalam praktek kelas microteaching dengan menerapkan beberapa jenis penguatan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan atau penting bagi siswa guru untuk menggunakan atau menerapkan penguatan di dalam kelas selama proses pembelajaran sebagai calon guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M.Pd. |
Kata Kunci: | Penguatan; Kelas Microteaching; Siswa Guru. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jul 2023 19:30 |
Last Modified: | 23 Jul 2023 19:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18784 |
Actions (login required)
View Item |