Pengaruh model role playing dengan menggunakan permainan tradisional pasaran terhadap Kemampuan numerik siswa

Cindy Andriyani, Auliya (2023) Pengaruh model role playing dengan menggunakan permainan tradisional pasaran terhadap Kemampuan numerik siswa. Sarjana thesis, universitas muria kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
Text (Hal.Judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (655kB) | Preview
[thumbnail of Bab I]
Preview
Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (375kB) | Preview
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (457kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan numerik siswa, kemampuan numerik adalah kecerdasan dalam menggunakan angka dan penalaran (logika), sehingga peneliti melakukan penelitian menggunakan model role playing dengan menggunakan permainan tradisional pasaran dalam proses pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis perbedaan rata-rata dan menganalisisa peningkatan kemampuan numerik siswa sebelum dan sesudah menggunakan model role playing dengan permainan tradisional pasaran. Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan one-group pretest-postest design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 01 Gemiring Kidul, Nalumsari, Jepara. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model role playing dengan menggunakan permainan tradisional pasaran, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan numerik siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t terhadap hasil pretest dan posttest dengan taraf signifikansi 5 % dan uji N-Gain untuk menetukan adanya peningkatan terhadap kemampuan numerik siswa setelah diberi perlakuan model role playing. Penerapan model role playing dengan menggunakan permainan pasaran tradisional memberikan pengaruh terhadap kemampuan numerik siswa sebelum diberikan perlakuan sebesar 52,5 dan sesudah diberikan perlakuan sebesar 82,83. Perbedaan hasil rata-rata tersebut memiliki selisih sebesar 30,33 yang dapat dikatakan cukup signifikan. Model pembelejaran role playing dengan menggunakan permainan pasaran memberikan peningkatan kemampuan numerik siswa dengan selisih sebesar 9,17 dibandingkan menggunakan model pembalajaran konvensional.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Himmatul Ulya,M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2 :M.Syafruddin Kuryato,SSi.,M.or
Kata Kunci: Model Role playing, Permainan Tradisional Pasaran, Kemampuan Numerik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jul 2023 21:42
Last Modified: 23 Jul 2023 21:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18805

Actions (login required)

View Item View Item