Improving the eleventh grade students’ mastery of simple past tense through tic-tac-toe game at ma nu banat kudus

JANNAH, FULLU (2023) Improving the eleventh grade students’ mastery of simple past tense through tic-tac-toe game at ma nu banat kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
Bab VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Dalam belajar bahasa Inggris, siswa harus menguasai empat keterampilan. Diantaranya adalah berbicara, mendengarkan, membaca dan menulis. Siswa harus mempelajari komponen bahasa di samping empat keterampilan. Komponen bahasa adalah kosa kata, pengucapan dan tata bahasa. Berdasarkan observasi kelas dan wawancara siswa di MA NU Banat Kudus, ditemukan bahwa banyak siswa kelas XI yang masih mengalami kesulitan dalam penguasaan tata bahasa, terutama dalam penguasaan simple past tense. Siswa sering menganggap belajar simple past tense itu sulit. Oleh karena itu, peneliti mengusulkan untuk menggunakan permainan Tic-Tac-Toe sebagai teknik untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap simple past tense. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan permainan Tic-Tac-Toe dan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan permainan Tic-Tac-Toe untuk meningkatkan penguasaan siswa pada simple past tense pada siswa kelas XI MA NU Banat Kudus. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, melibatkan 35 siswa kelas XI BB, guru bahasa Inggris sebagai guru dan peneliti sebagai pengamat. Data penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan menggunakan observasi checklist dan catatan lapangan. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dengan menilai penguasaan siswa pada simple past tense melalui pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa permainan Tic-Tac-Toe dapat meningkatkan penguasaan siswa pada simple past tense pada siswa kelas XI MA NU Banat Kudus. Hal ini berkaitan dengan terpenuhinya indikator keberhasilan yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pertama, 75% siswa lulus dengan nilai standar nilai minimal (KKM) 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kelas yang lulus KKM meningkat dari 20% pada pre-test dengan skor rata-rata 67,14 menjadi 44% pada post-test siklus 1 dengan skor rata-rata 75,58 dan akhirnya meningkat menjadi 76,47% dengan skor rata-rata 82,05 pada post-tset siklus 2. Kedua, 75% siswa terlibat aktif dalam proses belajar mengajar. Keterlibatan siswa meningkat dari 57,5% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 2. Dari hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran simple past tense melalui permainan Tic-Tac-Toe pada siswa kelas XI MA NU Banat Kudus dapat meningkatkan penguasaannya pada simple past tense.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Drs. Muh. Syafei, M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Mutohhar, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Tic-Tac-Toe Game, Grammar, Simple Past Tense
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 24 Jul 2023 20:02
Last Modified: 23 Aug 2023 19:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18826

Actions (login required)

View Item View Item