Analisis nilai moral dalam novel kemarau karya a.a navis sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesia di

HUSNA, FAUZIATUL (2023) Analisis nilai moral dalam novel kemarau karya a.a navis sebagai bahan pembelajaran bahasa indonesia di. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (284kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (485kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Moral berkaitan dengan perilaku dalam sehari-hari. Nilai moral merupakan nilai yang berkaitan dengan baik buruk tingkah laku seseorang dalam menjalani kehidupan. Novel merupakan salah satu media penyampaian nilai-nilai kehidupan, salah satunya adalah nilai moral. Sifat novel adalah didaktis yang artinya mendidik. Sehingga, novel bisa dijadikan media pendidikan penanaman moral pada seseorang. Salah satu novel yang banyak mengandung nilai moral adalah novel Kemarau karya A.A Navis. Sehingga permasalahan yang akan dicari dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana unsur pembangun novel Kemarau karya A.A Navis? (2) bagaimana nilai moral dalam novel Kemarau karya A.A Navis? Dan (3) bagaimana nilai moral dalam novel Kemarau karya A.A Navis sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis unsur pembangun novel Kemarau karya A.A Navis (2) menganalisis nilai moral dalam novel Kemarau karya A.A Navis Dan (3) menjelaskan nilai moral dalam novel Kemarau karya A.A Navis sebagai bahan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif sedangkan teori yang diguanakan untuk menganalisis nilai moral adalah teori Franz Magnis Suseno dengan menggunakan sumber data berupa novel Kemarau karya A.A Navis dan datanya berupa kutipan-kutipan mengenai nilai moral yang terdapat pada novel Kemarau karya A.A Navis. Serta teknik analisis datanya menggunakan model Miles dan Huberman dengan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Adapun hasil analisis yang didapat yaitu (1) memperoleh data unsur intrinsik pada novel Kemarau meliputi tema, latar, alur, gaya bahasa, tokoh dan penokohan serta sudut pandang. Serta unsur ekstrinsik pada novel Kemarau meliputi latar belakang penulis, latar belakang masyarakat serta nilai kehidupan, (2) memperoleh data nilai moral dalam novel Kemarau sesuai terori Franz Magnis Suseno meliputi nilai kejujuran, nilai otentik, bertanggung jawab, kemandirian moral, keberanian moral, kerendahan hati, serta realistis dan kritis dan (3) memperoleh simpulan bahwa novel Kemarau dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran Bahasa Indonesia materi novel pada sekolah menengah atas kelas XI sesuai kurikulum 2013 pada KD 3.7 yaitu menganalisis nilai-nilai kehidupan pada novel dan 4.7 menyampaikan hasil analisis nilai secara lisan atau tulis.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Irfai Fathurohman, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Bahan Ajar, Nilai moral, Novel.
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Ilmu-ilmu Sosial (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum)
Bahasa dan sastra > Sastra (Umum) > Masyarakat, Komunitas
Program Studi: DDC > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa & Sastra indonesia
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 20:16
Last Modified: 23 Aug 2023 19:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18856

Actions (login required)

View Item View Item