Pengalaman anak dalam kegiatan bermain pada masa pandemi covid-19 di dukuh karangdowo rt 5 bae kudus

ALFIAH, ALFIAH (2023) Pengalaman anak dalam kegiatan bermain pada masa pandemi covid-19 di dukuh karangdowo rt 5 bae kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
1. HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (915kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Pengalaman anak dapat diperoleh dari lingkup keluarga, sekolah, serta lingkungan sekitar. Namun, pada masa pandemi Covid-19 ini anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah. Akibatnya pengalaman yang diperoleh lebih banyak dari lingkup keluarga dan lingkungan sekitar. Pengalaman ini dapat diperoleh melalui interaksi, salah satunya dengan bermain. Berdasarkan hasil observasi di Dukuh Karangdowo Rt 5 Bae Kudus, selama pandemi Covid-19 anak-anak lebih banyak menghabiskan waktunya di rumah dengan belajar dan bermain. Mereka bermain bersama teman sebaya, keluarga, maupun tetangga baik itu pagi, siang, sore, maupun malam hari dengan jenis bermain yang bermacam-macam. Masalah dalam penelitian ini yaitu apa saja yang dilakukan dalam pengalaman anak bermain pada masa pandemi Covid-19 di Dukuh Karangdowo Rt 5 Bae Kudus serta bagaimana pengalaman anak dimaknai sebagai kegiatan bermain pada masa pandemi Covid-19 di Dukuh Karangdowo Rt 5 Bae Kudus. Tujuan dalam penelitian ini untuk membantu orang tua sehingga dapat mengetahui kegiatan bermain anak selama masa pandemi Covid-19 serta mengetahui pengalaman anak yang dimaknai sebagai kegiatan bermain pada masa pandemi Covid-19. Pengalaman dapat memberikan kekuatan, keberanian, serta kepercayaan dalam diri seseorang. Pengalaman dapat diperoleh melalui interaksi sebagai salah satu kontributor bagi pengembangan anak dalam pemikirannya. Pengalaman anak terhadap dunia tidak hanya terjadi di sekolah, melainkan juga di rumah. Anak usia SD merupakan anak yang mengalami pertumbuhan intelektual, emosional, serta badaniyah dengan usia rata-rata 6-12 tahun. Anak usia SD memiliki karakteristik senang bermain, bergerak, dan bekerja. Selain belajar, anak juga dapat memperoleh pengalaman melalui bermain. Bermian merupakan metode yang menyenangkan dan tidak hanya memberikan kesenangan semata, melainkan juga membangun karakter, sikap, serta kepribadian anak. Bermian dibagi menjadi 3 jenis, yaitu bermain kreatif, bermain aktif, dan bermain pasif. Sementara pengalaman bermain dibagi menjadi beberapa dimensi, yaitu kompetensi, imersi, flow, tantangan, ketegangan, afek positif, dan afek negatif. Penelitian kualitatif metode studi kasus ini akan dilaksanakan di Dukuh Karangdowo Rt 5 Bae Kudus dengan 5 orang anak sebagai partisipan. Peneliti akan berperan sebagai pengamat penuh dimana peneliti hanya akan melakukan interpretasi terhadap data dan fakta yang diperoleh selama penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan pengkajian dokumen berupa dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, serta verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama pandemi COVID-19 anak-anak melakukan kegiatan bermain dengan jenis yang beragam. Permainan yang dimainkan termasuk dalam jenis bermain aktif dan bermain kreatif. Ketika bermain anak memperoleh pengalaman bermain dalam beberapa dimensi, seperti kompetensi, imersi, flow, tantangan, ketegangan, afek positif, dan afek negatif. Kegiatan bermain yang dilakukan anak-anak di Dukuh Karangdowo Rt 5 memiliki jenis yang beragam. Anak- anak memainkan permainan seperti petak umpet, memanjat tumpukan ban bekas dan tembok, bersepeda, bermain peran, menggambar dan mewarnai, dan sumprit dodok. Mereka bermain tidak hanya di waktu pagi, tetapi juga siang bahkan malam hari. Ketika bermain, anak-anak memperoleh pengalaman bermain dalam beberapa dimensi. Meskipun anak memainkan permainan yang sama, bukan berarti anak akan memperoleh pengalaman bermain yang sama pula.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pengalaman Anak, Kegiatan Bermain, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 20:52
Last Modified: 26 Jul 2023 20:52
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18862

Actions (login required)

View Item View Item