Analisis nilai karakter peduli lingkungan dan peduli sosial dalam cerita anak “princess cinderella” sebagai penunjang pendidikan karakter anak di sekolah dasar

Amalia Dewi, Ghina (2023) Analisis nilai karakter peduli lingkungan dan peduli sosial dalam cerita anak “princess cinderella” sebagai penunjang pendidikan karakter anak di sekolah dasar. Master thesis, universitas muria kudus.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstrak

Menurunnya tingkat kepedulian masyarakat Indonesia semakin terlihat nyata. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan yang saya temui di SD 05 Bae. Pra-observasi yang telah saya lakukan memperlihatkan bahwa dari 13 siswa, 6 (46,15%) merupakan siswa sangat kurang peduli, lalu 4 (30,7%) siswa cukup terlihat, sisa 3 (23,07%) siswa yang terlihat hanya cukup peduli terhadap lingkungan dan sosial. Masalah dalam peneltian ini ialah bentuk karakter peduli lingkungan dan sosial dalam cerita anak “Princess Cinderella”, dan bagaimana respon anak setelah membaca cerita anak “Princess Cinderella” dalam memaknai nilai-nilai peduli lingkungan dan sosial di kehidupan sehari-hari di sekolah. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis bentuk karakter peduli lingkungan dan sosial dalam cerita anak “Princess Cinderella”, serta menganalisis respon anak setelah membaca cerita anak “Princess Cinderella” dalam memaknai nilai-nilai peduli lingkungan dan sosial di kehidupan sehari-hari. Cerita anak “Princess Cinderella” mempunyai nilai peduli lingkungan dan sosial yang berdampak bagus bagi perkembangan karakter positif siswa. Siswa dapat belajar nilai peduli lingkungan dan sosial dari strukur cerita anak “Princess Cinderella” ialah siswa belajar membantu orang yang sedang membutuhkan bantuan, dan siswa belajar dalam menjaga lingkungan. Cerita anak “Princess Cinderella” merupakan cerita anak yang memiliki unsur cerita tentang kehidupan sehari-hari dalam keluarga yang bahasanya sangat mudah dimengerti, selain cerita rakyat ini sebagai hiburan di dalam cerita ini terdapat unsur penanaman karakter positif bagi siswa. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode analisis wacana. Subjek penelitian ini ada 6 siswa dari kelas V SD 05 Bae. Untuk Teknik pengumpulan data yang akan dilakukan yaitu teknik analysis content (analisis isi) dan teknik catat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini ditemukan stuktur pembangun isi cerita anak “Princess Cinderella” berupa tema, tokoh/penokohan, latar, alur. Serta dalam penelitian ini ditemukan bentuk-bentuk kalimat yang menunjukkan nilai peduli lingkungan dan peduli sosial. Respon anak setelah membaca cerita anak “Princess Cinderella” dalam kehidupan sehari-hari menunjukkan tanggapan perasa, tanggapan ingatan dan tanggapan pikiran. Penelitian ini hendaknya guru dapat menerapkan pembelajaran karakter dari mulai membaca buku yang bernilai karakter agar siswa dapat memiliki nilai karakter yang kuat

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1 :Drs.Sucipto,M.Pd.,Kons DOSEN PEMBIMBING 2 :Lovika Ardana Riswari,M.Pd
Kata Kunci: Cerita Anak, Nilai Peduli Lingkungan dan Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jul 2023 22:08
Last Modified: 04 Aug 2023 18:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18873

Actions (login required)

View Item View Item