Analisis perilaku siswa kelas 5 sdn 4 getassrabi terhadap game online

FITRIYANI, NOOR (2023) Analisis perilaku siswa kelas 5 sdn 4 getassrabi terhadap game online. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (506kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN]
Preview
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan realita penggunaan game online pada siswa kelas 5 SDN 4 Getassrabi dan menganalisis perilaku siswa kelas 5 SDN 4 Getassrabi terhadap Game Online. Latar belakang semakin banyaknya siswa khususnya siswa sekolah dasar yang bermain game online, siswa semakin tidak terkontrol ketika pembelajaran daring di rumah, yang menyebabkan perubahan perilaku siswa yang kurang baik karena bermain game online. Game online adalah game atau permainan dimana banyak orang yang dapat bermain pada waktu yang sama dengan melalui jaringan komunikasi online. Perilaku adalah segala sesuatu yang diperbuat oleh seseorang atau pengalaman. Perilaku merupakan perbuatan atau tindakan seseorang individu yang merupakan cerminan dari sikap. Sedangkan perilaku sosial dapat disimpulkan sebagai segala aktivitas manusia yang merupakan bentuk respon terhadap interaksi yang terjadi antara individu dengan orang lain atau kelompok sosial. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini akan dilaksanakan pada siswa kelas 5 SDN 4 Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Penelitian kualitatif ini akan dilaksanakan pada informan atau subjek penelitian yaitu 3 siswa kelas 5, 3 orangtua siswa kelas 5, dan guru kelas 5 SDN 4 Getassrabi Kudus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif yang melalui 3 tahapan yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi atau penyimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa realita penggunaan game online pada siswa kelas 5 SDN 4 Getassrabi ditemukan bahwa siswa kelas 5 sudah mengenal dan bermain game online. Jenis game online yang digemari adalah jenis peperangan dan pertarungan. Sedangkan perilaku siswa kelas 5 SDN 4 Getassrabi ketika bermain game online lebih mengarah ke perilaku yang negatif, bentuk-bentuk perilaku negatif pada anak yang muncul ketika mereka bermain game online berupa pembangkangan (negativisme), agresi (agression), berselisih/bertengkar (quarreling), dan menggoda (teasing). Kesimpulan dari penelitian ini adalah game online jenis peperangan dan pertarungan yang sering dimainkan siswa secara berlebihan dapat memberi pengaruh buruk pada perilaku siswa, perilaku siswa ketika bermain game online lebih mengarah pada perilaku yang negatif, perilaku negatif yang ditunjukkan antara lain pembangkangan (negativisme), agresi (agression), berselisih/bertengkar (quarreling), dan menggoda (teasing).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Wawan Shokib Rondli, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Game Online (Game Online), Perilaku Siswa.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 00:16
Last Modified: 27 Jul 2023 00:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18878

Actions (login required)

View Item View Item