Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbantuan media ethno-puzzle terhadap pemahaman konsep ipa pada siswa kelas v sd negeri clering 01 jepara

NURWULAN, DEVI AYUK (2023) Pengaruh model pembelajaran teams games tournament (tgt) berbantuan media ethno-puzzle terhadap pemahaman konsep ipa pada siswa kelas v sd negeri clering 01 jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (640kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (388kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep IPA, sehingga peneliti melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament yang berbantu dengan media Ethno-Puzzle. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Ethno-Puzzle pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V SD NEGERI Clering 01 Jepara; (2) Menganalisis peningkatan pemahaman konsep IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembalajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Ethno-Puzzle. Pemahaman konsep IPA adalah cara seseorang memahami suatu konsep IPA yang telah didapat melalu serangkaian kajadian atau peristiwa yang dilihat maupun didengar yang tersimpan dalam pikiran dan yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, agar siswa lebih memahami, yaitu dengan cara menjelaskan, mengkategorikan/mengklasifikasikan, membandingkan, dan menghitung analisis pemahaman konsep IPA. Teams Games Tournaments (TGT) adalah model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan dibentuk dalam kelompok yang memiliki kemampuan yang berbeda. Media Ethno-Puzzle merupakan perpaduan antara pembelajaran yang bermakna memungkinkan siswa belajar sambil melakukan atau “learning by doing”. Penelitian ini mengunakan desain penelitian kuantitatif eksperimen yaitu one group pretest-posttest design. Desain ini merupakan pengembangan dari pre-experimental dengan pengumpulan data yang diperoleh dari Observasi, Tes Pemahaman Konsep dan Dokumentasi. Tempat penelitian ini akan dilakukan pada kelas V SD Clering. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Hasil penelitian ini menunjukan skor dari uji paired sample statistic t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest yaitu 54 sedangkan nilai rata-rata posttest 81,10 serta skor uji hipotesis Paired Sampel T-Test dengan nilai Stg.(2-tailed) yaitu 0,000 < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga Teams Game Tournament (TGT) berbantu media Ethno-Puzzle berpengaruh terhadap pemahaman kosep IPA siswa kelas V SD NEGERI Clering 01 Jepara. Sedangkan dari uji N-gain mendapat nilai rata-rata 0,58 yang artinya kriteria peningkatan pemahaman konsep IPA siswa setelah diberikan perlakuan mendapat peningkatan dengan kriteria sedang dan persentase nilai N-Gain mendapatkan 58% yang menunjukan penafsiran keefektifan model pembalajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Ethno-Puzzle dalam meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa dapat dikategorikan cukup efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya pengaruh penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Ethno-Puzzle pemahaman konsep IPA, dan (2) adanya peningkatan pemahaman konsep IPA siswa sebelum dan sesudah menggunakan model pembalajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Ethno-Puzzle.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Sekar Dwi Arianti, M.Pd DOSEN PEMBIMBING II : Dr. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Teams Games Tournaments, Media Ethno-Puzzle
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jul 2023 18:58
Last Modified: 27 Jul 2023 18:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18883

Actions (login required)

View Item View Item