Hubungan durasi dan frekuensi bermain game mobile legend terhadap tingkat interaksi sosial siswa di sdn 03 temulus

KURNIAWAN, AHMAD ALDHI (2023) Hubungan durasi dan frekuensi bermain game mobile legend terhadap tingkat interaksi sosial siswa di sdn 03 temulus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh aktivitas para siswa di SDN 03 Temulus yang memainkan game online Mobile Legend sebagai pengisi kegiatan luang yang mempengaruhi tingkat interaksi social mereka. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan hubungan antara durasi bermain game Mobile Legends, frekuensi bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial dan bersama-sama untuk menemukan hubungan antara durasi bermain game dan frekuensi bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial pada siswa di SDN 03 Temulus. Game online adalah sebuah permainan (games) yang dimainkan di dalam suatu jaringan. Salah satu game online yang terpopuler saat ini yakni Mobiile Legend, yaitu permainan game online yang dimainkan secara tim berlawanan yang satu timnya terdiri atas lima orang. Kemudian, interaksi social merupakan suatu rangkaian hubungan antar individu dengan individu, ataupun kelompok dengan kelompok lainnya yang menjadi kunci dari semua kehidupan sosial, tanpa interaksi sosial tidak ada kehidupan bersama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI SDN 03 Temulus yang memainkan game Mobile Legend yang berjumlah 22 siswa dengan menggunakan menggunakan teknik sampel jenuh. Desain penelitian kuantitatif asosiatif karena berbicara mengenai pengaruh. Kemudian untuk teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode angket dengan mengguakan pengukuran skala likert, dan observasi. Serta menggunkan analisis deskriptif variabel, uji prasyarat analisis, dananalisis hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan besarnya korelasi durasi bermain game Mobile Legend dengan interaksi sosial diperoleh rhitung sebesar (-2,629) dengan profitabilitas berpengaruh negatif menunjukan hubungan terbalik (X naik dan Y turun) dan korelasi durasi bermain game Mobile Legend dengan interaksi sosial diperoleh rhitung sebesar (-4,138) dengan profitabilitas berpengaruh negatif menunjukan hubungan terbalik (X naik dan Y turun). Sedangkan korelasi ganda antara durasi dan frekuensi bermain game Mobile Legends terhadap interaksi sosial diperoleh rhitung sebesar 54,305 dengan profitabilitas berpengaruh negatif jika durasi dan frekuensi bermain game Mobile Legends naik maka interaksi sosial siswa akan menurun. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) adanya hubungan signifikan yang berpengaruh negatif antara durasi bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial siswa, (2) adanya hubungan signifikan yang berpengaruh negatif antara frekuensii bermain game Mobile Legends dengan interaksi sosial siswa, dan (3) secara bersama-sama antara durasi dan frekuensi bermain game Mobile Legends memiliki hubungan signifikan yang berpengaruh negatif terhadap interaksi sosial siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : M. Syafruddin Kuryanto,S. Si., M.Or DOSEN PEMBIMBING II : Diana Ermawati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: game online, Mobile Legend, interaksi social
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jul 2023 01:14
Last Modified: 28 Jul 2023 01:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18919

Actions (login required)

View Item View Item