Analisis kepuasan nasabah pada perusahaan asuransi untuk meningkatkan loyalitas Menggunakan metode servqual (service quality), csi (customer satisfaction index), Dan qfd (quality function deployment) (studi kasus: kpm. Pruforce one juwana)

Satria, Tera Fernanda (2023) Analisis kepuasan nasabah pada perusahaan asuransi untuk meningkatkan loyalitas Menggunakan metode servqual (service quality), csi (customer satisfaction index), Dan qfd (quality function deployment) (studi kasus: kpm. Pruforce one juwana). Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL. JUDUL]
Preview
Text (HAL. JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (793kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia, jumlah penduduk Indonesia 274 juta jiwa pada tahun 2021. Tingginya jumlah penduduk di Indonesia, memberikan peluang bagi perusahaan jasa, baik dalam hal kesehatan, hingga kerugian secara finansial yakni dalam bentuk asuransi. Besarnya pangsa pasar asuransi jiwa di Indonesia, menjadikan kepuasan nasabah menjadi prioritas dalam produk masing - masing perusahaan asuransi. Salah satu perusahaan tersebut adalah perusahaan asuransi PT. Prudential Life Assurance yang memiliki Kantor Pemasaran Mandiri (KPM). Pruforce One terletak di Juwana. Selama KPM tersebut beroperasi terdapat laporan keluhan nasabah terkait layanan yang diberikan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi nasabah. Dari permasalahan tersebut dapat diperbaiki dengan mengukur kepuasan nasabah menggunakan beberapa metode, yaitu: Service Quality (Servqual), Customer Satisfaction Index (CSI), dan Quality Function Deployment (QFD). Penggunaan metode ini dianggap dapat meningkatkan kualitas layanan untuk menciptakan kepuasan nasabah dan memberikan saran perbaikan dengan mempertimbangkan variabel kepuasan nasabah. Sehingga dari analisa tersebut dapat meningkatkan loyalitas nasabah KPM. Pruforce One Juwana. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan nasabah dengan menggunakan metode Servqual dan CSI didapatkan hasil sebesar 77,04%, nilai tersebut menunjukkan kepuasan nasabah atas layanan yang telah diberikan. Akan tetapi dari hasil nilai tersebut belum dapat menjadikan nasabah loyal terhadap Prudential. Oleh karena itu, usulan perbaikan menggunakan pengolahan dari matrik House of Quality pada QFD agar dapat meningkatkan loyalitas nasabah KPM. Pruforce One Juwana dengan cara, pemberdayaan karyawan/agent, SOP pakaian kerja agent, perjanjian isi polis nasabah dari perushaan, pengelolaan bisnis perusahaan yang baik, informasi kebijakan asuransi harus jelas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING I : Vikha Indira Asri, S.T., M.T. DOSEN PEMBIMBING II : Akh. Sokhibi, S.T., M.Eng.
Kata Kunci: kualitas layanan, kepuasan nasabah, loyalitas nasabah, service quality (servqual), customer satisfaction index (CSI), dan quality function deployment (QFD)
Subjects: Teknologi > Teknologi (umum) > Teknik industri. Teknik manajemen
Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Industri
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Jul 2023 21:20
Last Modified: 22 Aug 2023 21:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/18947

Actions (login required)

View Item View Item