Implementasi augmented reality untuk menampilkan katalog furniture berbasis android

HAMIDY, ALFIAN CHOIRY ADHIM (2023) Implementasi augmented reality untuk menampilkan katalog furniture berbasis android. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (643kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of PROGRAM] Archive (PROGRAM)
PROGRAM.zip - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (81MB) | Request a copy

Abstrak

Perkembangan teknologi menghasilkan berbagai macam produk baru, misalnya augmented reality, yang dapat menggabungkan dunia nyata dengan gambar virtual. Salah satu tempat yang dapat memanfaatkan augmented reality yaitu dibidang furnitur. Masyarakat biasanya hanya mengandai-andai foto furnitur ke tempat yang akan diletakkan sehingga kadang furnitur tidak sesuai dengan ekspektasi dari pembeli. augmented reality diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam memilih furnitur yang akan dibeli karena dapat menyimulasikan model 3D dari furnitur ke tempat yang akan diletakkan. Aplikasi akan dibangun dengan bantuan software Android Studio dan Google ARCore, yang nantinya akan berupa aplikasi android. Penggunaan ARCore dipilih karena dalam penerapan augmented reality pada umumnya masih menggunakan metode marker, ARCore memiliki dukungan untuk menampilkan augmented reality menggunakan metode markerless. Dalam pengembangan sistem ini, menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Pengembangan metode multimedia ini dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu pengonsepan, perancangan, pengumpulan bahan, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Muhammad Imam Ghozali, S.Kom., M.Kom DOSEN PEMBIMBING 2: Arief Susanto, ST., M.Kom
Kata Kunci: Augmented Reality, 3D, Android, markerless
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 30 Nov 2023 21:51
Last Modified: 30 Nov 2023 21:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19433

Actions (login required)

View Item View Item