Pelaksanaan fungsi petugas pengaman pintu utama sebagai pencegah gangguan keamanan dan ketertiban pada rumah tahanan negara kelas iib rembang

Sambada, Hasta Ardhy (2023) Pelaksanaan fungsi petugas pengaman pintu utama sebagai pencegah gangguan keamanan dan ketertiban pada rumah tahanan negara kelas iib rembang. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (906kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
Bab I.pdf - Published Version

Download (529kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (600kB) | Preview

Abstrak

Petugas Pengaman Pintu Utama pada Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara mempunyai tanggungjawab penuh dalam pengamanan area pintu utama. Adanya kasus narkoba dan barang larangan lainnya di dalam rumah tahanan negara menjadikan pertanyaan besar bagaimana pelaksanaan fungsi pengamanan dalam rangka pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban oleh petugas pengaman pintu utama yang selama ini diselenggarakan. Keputusan Direktur Jendral Pemasyarakatan Nomor: PAS-416.PK.01.04.01 Tahun 2015 Tentang Standar Pencegahan Gangguan Keamanan dan Ketertiban telah menjelaskan secara rinci apa saja yang diperlukan agar gangguan keamanan dan ketertiban pada rumah tahanan negara dapat diantisipasi. Penelitian berjudul “PELAKSANAAN FUNGSI PETUGAS PENGAMAN PINTU UTAMA DALAM PENCEGAHAN GANGGUAN KEAMANAN DAN KETERTIBAN PADA RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS IIB REMBANG” bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan fungsi petugas pengaman pintu utama dan bagaimana upaya pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi dilapangan. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis empiris, sedangkan spesifikasi penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Metode analisis data menggunakan cara kualitatif dengan pembahasan yang disusun secara logis dari hasil penelitian teori hukum yang relevan. Petugas pengaman pintu utama pada Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Rembang telah melaksakan fungsi pengamanan dengan baik namun belum optimal, terutama pada pemeriksaan dan penggeledahan terhadap sesama petugas. Keterbatasan sarana penunjang dan jumlah serta kualitas sumber daya manusia menjadi kendala yang perlu diperhatikan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Anggit Wicaksono, S.H., M.H. Dosen Pembimbing II : Adissya Mega Christia, S.H., M.H.
Kata Kunci: Pengaman Pintu Utama, Gangguan Kamtib, Rumah Tahanan Negara
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 03 Jan 2024 01:25
Last Modified: 03 Jan 2024 01:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19694

Actions (login required)

View Item View Item