Penyelesaian tindak pidana kepabeanan (studi penyalahgunaan pengiriman barang terlarang di kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai semarang)

LASMINI, LASMINI (2023) Penyelesaian tindak pidana kepabeanan (studi penyalahgunaan pengiriman barang terlarang di kantor pengawasan dan pelayanan bea dan cukai semarang). Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (995kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
2. Bab I.pdf - Published Version

Download (502kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
3. Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (664kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
4. Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
5. Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
6. Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTRA PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTRA PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview

Abstrak

Skripsi yang berjudul, “Penyelesaian Tindak Pidana Kepabeanan (Studi Penyalahgunaan Pengiriman Barang Terlarang di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Semarang)”. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menjawab permasalahan terkait praktik penyelesaian tindak pidana kepabeanan di KPPBC Semarang dan proses penyidikan yang dilakukan PPNS KBC Semarang terhadap tindak pidana kepabeanan di KPPBC Semarang. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah yuridis sosiologis, yaitu proses bekerjanya hukum dalam masyarakat. Metode analisa data adalah bersifat kualitatif berupa deskriptif analisis. Adapun jenis data menggunakan data primer, didapatkan langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder, diperoleh melalui bahan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa pertama, praktik penyelesaian tindak pidana kepabeanan dapat dilakukan melalui penal dan non penal di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Semarang. Jalur penal adalah pendekatan yang berfokus pada penegakan hukum dan penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana. Dalam sistem hukum penal, tindakan kriminal dianggap sebagai pelanggaran terhadap hukum pidana dan pemerintah atau otoritas hukum bertanggung jawab untuk menyelidiki, menuntut, dan mengadili para pelaku kejahatan. Jalur penal lebih menitikberatkan pada sifat represif (penindakan atau pemberantasan atau penumpasan) sesudah kejahatan terjadi. Sedangkan jalur non penal melibatkan penyelesaian tindak pidana di luar sistem hukum pidana. Jalur non penal berfokus pada upaya restoratif, rehabilitasi, dan pencegahan untuk mengatasi akar masalah dan memperbaiki konflik. Dengan arti lain, jalur non penal lebih menitikberatkan pada sifat preventif (pencegahan atau penangkalan atau pengendalian) sebelum kejahatan terjadi, yaitu meliputi: mediasi, restitusi, dan/atau pendekatan pendidikan dan pemahaman. Kedua, proses penyidikan yang dilakukan Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) Kantor Bea dan Cukai Semarang terhadap tindak pidana kepabeanan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Semarang yaitu pejabat PNS yang diangkat dan diberikan wewenang untuk melaksanakan penyidikan dalam tindak pidana tertentu yang termasuk dalam ruang lingkup peraturan undang-undang yang menjadi dasar hukumnya, dalam hal ini UU Kepabeanan. Pasal 6 dan Pasal 7 KUHAP mengatur koordinasi dan pengawasan antara PPNS dan Polri, menegaskan bahwa PPNS bekerja dalam koordinasi dan pengawasan Polri. Hal ini merupakan komitmen untuk menjaga integritas dan efisiensi penyidikan dalam kerangka penegakan hukum di Indonesia khususnya di bidang kepabeanan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Hidayatullah, S.H, M.Hum., Dosen Pembimbing II: Suyoto, SH., MH.,
Kata Kunci: Penyelesaian, Tindak Pidana Kepabeanan, Penyelundupan.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jan 2024 18:55
Last Modified: 10 Jan 2024 18:55
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19778

Actions (login required)

View Item View Item