Pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap ( ptsl ) terhadap tanah - tanah yang belum bersertifikat hak milik (shm) dalam rangka kepastian hak atas tanah Di kabupaten pati

PURBANINGSIH, LELA ARUMSARI (2023) Pelaksanaan program pendaftaran tanah sistematis lengkap ( ptsl ) terhadap tanah - tanah yang belum bersertifikat hak milik (shm) dalam rangka kepastian hak atas tanah Di kabupaten pati. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (492kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (431kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (499kB)

Abstrak

Pelaksanaan Program PTSL yang dilaksanakan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pati mendapat sambutan yang antusias dari masyarakat yang tanah-tanahnya belum bersertifikat hak milik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami tentang pelaksaanaan program PTSL terhadap tanah-tanah yang belum bersertifikat di Kantor Pertanahan Kaupaten Pati dan untuk memahami tentang program PTSL yang dibiayai negara tapi masih membebani masyarakat yang mengikuti program PTSL. Metode yang digunakan untuk penelitian ini menggunakan metode non doktrinal yaiu metode yang menggunkan data utamanya data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari wawancara kepada responden secara langsung. Banyaknya minat masyarkat yang ingin mengikuti program PTSL di Kantor Pertanahan Kabupaten Pati karena program PTSL ini dibiayai oleh pemerintah atau negara dan prosesnya juga sangat cepat apabila dibandingkan dengan persertifikatan secara mandiri. Namun ada juga beberapa warga masyarakat yang tidak mau mengikuti program PTSL dengan alasan masing-masing dan untuk biaya Program PTSL ini memang dibiayai oleh pemerintah atau negara, namun masyarakat masih dibebankan biaya karena sesuai dengan peraturan yang berlaku menurut Peraturan Bupati Pati Nomor 1 Tahun 2021 dinyatakan bahwa permohonan PTSL masih dibebani biaya Rp.150.000,- sampai Rp.400.000,-. Hal ini dibebankan kepada pemohon dalam rangka untuk membiayai atau membeli patok, materai, honor panitia, alat tulis kantor dan transportasi petugas panitia desa. Pembebenan biaya sebagaimana tersebut di atas, sebelumnya sudah di sosialisasikan kepada warga masyarakat desa oleh panitia PTSL.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : 1. Dr. Suparnyo, S.H., M.S
Kata Kunci: Pelaksanaan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL ), Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Kepastian Hak Atas Tanah.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Yurisprudensi. Teori dan filsafat hukum
Hukum > Hukum agama secara umum. Perbandingan hukum agama > Yurisprudensi. Teori dan filsafat hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Jan 2024 21:09
Last Modified: 10 Jan 2024 21:09
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19781

Actions (login required)

View Item View Item