Perlindungan hukum terhadap anggota koperasi simpan pinjam yang telah dinyatakan pailit oleh [engadilan niaga (kajian putusan pailit koperasi simpan pinjam gmg)

MUKHID, ABDUL (2023) Perlindungan hukum terhadap anggota koperasi simpan pinjam yang telah dinyatakan pailit oleh [engadilan niaga (kajian putusan pailit koperasi simpan pinjam gmg). Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Sampul.pdf - Published Version

Download (635kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (64kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstrak

Penelitian berjudul “PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP ANGGOTA KOPERASI SIMPAN PINJAM YANG TELAH DINYATAKAN PAILIT OLEH PENGADILAN NIAGA (KAJIAN PUTUSAN PAILIT KOPERASI SIMPAN PINJAM GIRI MURIA GROUP)”. Bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa Akibat Hukum Putusan Pailit terhadap Koperasi Simpan Pinjam GMG serta Bagaimana Perlindungan Hukum terhadap Anggota Koperasi Simpan Pinjam GMG yang telah dinyatakan pailit oleh Pengadilan Niaga. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris. yang dimaksudkan adalah hukum dilihat sebagai norma atau das sollen, dengan melihat hukum sebagai kenyataan sosial, kultural atau das sein. deskriptif yaitu riset yang menggambarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dikaitkan dengan teori-teori hukum dan praktek pelaksanaan hukum positif yang menyangkut permasalahan serta menganalisis data yang telah diperoleh dari penelitian dan menyimpulkan sesuai dengan permasalahan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa Bahwa akibat hukum dari putusan pailit terhadap KSP GMG maka Putusan pailit KSP GMG dapat mengubah status hukum KSP GMG sebagai debitur setelah ditetapkan bahwa KSP GMG tidak dapat melakukan perbuatan hukum, menguasai dan mengurus kekayaannya. Bentuk perlindungan terhadap anggota koperasi KSP GMG yang dinyatakan pailit adalah pengembalian atau pembayaran kembali hutang berdasarkan tagihan piutang yang dilakukan oleh anggota koperasi yang termasuk dalam kategori kreditor konkuren. Sedangkan perlindungan hukum terhadap anggota yang menjadi peminjam dilakukan dengan menerima pelunasan dari peminjam yang hendak melakukan pelunasan hutang di KSP GMG.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing: Dr. Hidayatullah.,S.H.,M.Hum
Kata Kunci: Pailit, Koperasi Simpan Pinjam, Anggota.
Subjects: Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Perundang-undangan tentang industri, perdagangan, dan bisnis. Hukum ketenagakerjaan
Program Studi: Fakultas Hukum > Magister Ilmu Hukum (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jan 2024 20:02
Last Modified: 14 Jan 2024 20:02
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19800

Actions (login required)

View Item View Item