Pemisahan harta perkawinan melalui perjanjian kawin selama dalam ikatan perkawinan dan akibat hukumnya (studi kasus penetapan pengadilan negeri jakarta barat nomor: 900/pdt.p/2020/pn.jkt.brt.) Skripsi

WIBOWO, MOHAMAD AGUNG (2023) Pemisahan harta perkawinan melalui perjanjian kawin selama dalam ikatan perkawinan dan akibat hukumnya (studi kasus penetapan pengadilan negeri jakarta barat nomor: 900/pdt.p/2020/pn.jkt.brt.) Skripsi. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi yang berjudul “PEMISAHAN HARTA PERKAWINAN MELALUI PERJANJIAN KAWIN SELAMA DALAM IKATAN PERKAWINAN DAN AKIBAT HUKUMNYA (Studi Kasus Penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Barat Nomor: 900/Pdt.P/2020/PN.Jkt.Brt.)” ini bertujuan untuk memahami dan menganalisis pemisahan harta perkawinan melalui perjanjian kawin selama dalam ikatan perkawinan dan akibat hukumnya, serta menganalisis pertimbangan hakim dalam penetapan tentang pemisahan harta pada Penetapan Pengadilan Negeri Nomor: 900/Pdt.P/2020/PN.Jkt.Brt. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah yuridis normatif, dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan (Statute Approach), pendekatan konseptual (Conseptual Approach), dan pendekatan kasus (Case Approach). Dalam hal teknik pengumpulan data, penulis menggunakan metode studi kepustakaan (library research) untuk mengumpukan data sekunder. Penulis memanfaatkan data kepustakaan yang berupa buku-buku hukum perkawinan, jurnal, peraturan perundangan, dan lain sebagainya yang memiliki relevansi dengan pokok permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasannya pemisahan harta benda selama dalam ikatan perkawinan dapat dilakukan dengan membuat akta perjanjian kawin yang dibuat oleh Notaris. Kemudian pencatatan perjanjian kawin dilakukan oleh Pejabat KUA bagi yang beragama islam dan Pejabat Sipil bagi yang non beragama islam. Berdasar putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 69/PUU-XIII/2015 tentang Perjanjian Kawin, tidak ada kewajiban bagi suami istri untuk mengajukan permohonan pemisahan harta melalui suatu penetapan Pengadilan Negeri. Namun, dalam praktiknya pembuatan perjanjian kawin selama dalam ikatan perkawinan membutuhkan Penetapan Pengadilan Negeri. Dengan adanya perjanjian kawin selama dalam ikatan perkawinan, harta kekayaan menjadi harta bawaan atau harta pribadi milik suami atau istri dan hak serta penguasaan harta bawaan atau harta pribadi tersebut ada pada masing-masing pihak. Pertimbangan hakim dalam Penetapan Pengadilan Negeri Jakarta Barat Nomor: 900/Pdt.P/2020/PN.Jkt.Brt telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku karena berlandaskan pada Pasal 29 ayat (1), Pasal 29 ayat (4) Undang-Undang No.1 Tahun 1974 tentang Perkawinan juncto Pasal 139 KUHPerdata meskipun seharusnya menyertakan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 69/PUU-XIII/2015 tanggal 27 Oktober 2016 tentang perubahan Pasal 29 tentang perjanjian perkawinan dalam Undang – Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: DWIYANA ACHMAD HARTANTO, S.H., S.H.I, M.H. Dosen Pembimbing II: WAHYU EDY AMRULLAH, S.H., M.H.
Kata Kunci: Pemisahan Harta Perkawinan, Perjanjian Kawin, Penetapan Pengadilan Negeri.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jan 2024 23:19
Last Modified: 14 Jan 2024 23:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19802

Actions (login required)

View Item View Item