Penegakan hukum terhadap kendaraan yang parkir liar di bahu jalan sebagai upaya pencegahan kecelakaan di wilayah hukum kepolisian resor kudus

UTOMO, KURNIAWAN SETYO (2023) Penegakan hukum terhadap kendaraan yang parkir liar di bahu jalan sebagai upaya pencegahan kecelakaan di wilayah hukum kepolisian resor kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
1. Halaman Judul.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
8. LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy

Abstrak

Skripsi yang berjudul, “Penegakan Hukum Terhadap Kendaraan Yang Parkir Liar Di Bahu Jalan Sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Di Wilayah Hukum Kepolisian Resor Kudus” bertujuan untuk mengetahui penyelesaian penegakan hukum terhadap kendaraan yang parkir liar di bahu jalan sebagai upaya pencegahan kecelakaan di wilayah hukum Kepolisian Resor Kudus. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah yuridis sosiologis, yaitu proses bekerjanya hukum dalam masyarakat. Metode analisa data adalah bersifat kualitatif berupa deskriptif analisis. Adapun jenis data menggunakan data primer, didapatkan langsung dari informan melalui wawancara dan data sekunder, diperoleh melalui bahan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa pertama, penegakan hukum terhadap kendaraan yang parkir liar di bahu jalan sebagai upaya pencegahan kecelakaan di wilayah Hukum Kepolisian Resor Kudus adalah penegakan hukum secara preventif dan represif. Penegakan hukum secara preventif yang dilakukan Kepolisian Resor Kudus yaitu dengan komunikasi, sosialisasi, himbauan, dan teguran untuk mengajak dan mengedukasi para sopir truk agar tertib serta mematuhi aturan rambu-rambu lalu lintas. Hal tersebut sebagai upaya pencegahan kemacetan dan kecelakaan di wilayah Hukum Kepolisian Resor Kudus. Sedangkan penegakan hukum secara represif dilakukan oleh Kepolisian dengan melakukan penindakan sebagaimana sanksi yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 ketika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan kerugian oleh penumpang dan/atau pemilik barang dan/atau pihak ketiga karena kelalaian pengemudi. Kendala-kendala penegakan hukum terhadap kendaraan yang menghambat pelaksanaan penegakan hukum terhadap kendaraan parkir liar di bahu jalan, tampak bahwa terdapat beberapa aspek internal dan eksternal. Secara internal, kendala muncul dari kurangnya fasilitas yang memadai, seperti pengadaan mobil derek dan alat pengaman kendaraan. Selain itu, pendekatan penyidikan yang cenderung mengedepankan pembinaan tanpa sanksi yang tegas serta minimnya fasilitas menyebabkan pelanggaran jarang sampai pada tahap pengadilan, mengurangi efektivitas dalam menciptakan efek jera terhadap pelanggar. Di sisi lain, faktor eksternal seperti akses terbatas ke rumah, status sebagai pendatang atau pengunjung, serta kebiasaan lingkungan juga memberikan kontribusi pada meningkatnya parkir liar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Hidayatullah, S.H, M.Hum. Dosen Pembimbing II: Suyoto, S.H, M.H.
Kata Kunci: Penegakan Hukum Parkir Liar, Lalu Lintas, Kecelakaan.
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 14 Jan 2024 23:43
Last Modified: 14 Jan 2024 23:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19803

Actions (login required)

View Item View Item