Pemanfaatan augmented reality sebagai media pengenalan game education hewan berbasis android

Zulkifli, Muhammad (2023) Pemanfaatan augmented reality sebagai media pengenalan game education hewan berbasis android. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of halaman judul]
Preview
Text (halaman judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[thumbnail of bab 1]
Preview
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (681kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (942kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka]
Preview
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of program] Other (program)
Program.rar - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (218kB) | Request a copy

Abstrak

Penggunaan Augmented Reality sebagai metode pembelajaran marak di dunia pendidikan, termasuk pendidikan anak usia dini. Implementasi Augmented Reality dalam game edukasi dapat menjadi lingkungan belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa TK.Pertiwi. Namun sebagian besar guru masih belum menggunakan sumber daya tersebut, hanya mengandalkan buku, media tradisional dan personal. Hal ini dapat dengan cepat menyebabkan anak menjadi bosan dan kurang fokus di kelas. Tujuan dari program ini adalah untuk merangsang minat belajar anak, dan orang tua tidak perlu khawatir anak terluka karena bermain dengan hewan yang memiliki cakar. Perancangan sistem ini menggunakan metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) berbasis platform Android menggunakan game engine Unity 3D untuk pengembang C# dan Vuforia SDK. Game AR edukasi yang dibuat dengan anotasi berbasis trek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pembelajaran yang menggunakan teknologi Augmented Reality sebagai alat pengajaran yang disajikan dalam bentuk objek 3D, suara dan animasi dapat meningkatkan minat anak terhadap hewan dan lingkungan hidupnya. Game edukasi ini dapat digunakan untuk mendukung metode pembelajaran kuno dalam proses pengajaran sentra produksi hewan dan dipadukan dengan game open world eksplorasi atau petualangan mencari hewan. Hasil pengujian blackbox semuanya sangat setuju dari desain,kemudahan dan manfaat. Hasil UAT semua anak antusias untuk belajar menggunakan Augmented Reality sebagai media edukasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: Aditya Akbar Riadi, S.Kom., M.Kom Dosen pembimbing 2: Tutik Khotimah, S.Kom., M.Kom
Kata Kunci: Hewan 3D, Augmented Reality education, Android
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum) > Teknologi Informasi
Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 17 Jan 2024 23:45
Last Modified: 17 Jan 2024 23:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/19846

Actions (login required)

View Item View Item