Pengembangan media e-modul perkalian untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas ii sekolah dasar di nalumsari jepara

AMANDA, NIKEN (2023) Pengembangan media e-modul perkalian untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas ii sekolah dasar di nalumsari jepara. Master thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (55MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan kognitif merupakan salah satu aspek paling penting dalam perkembangan pembelajaran suatu mata pelajaran. Namun data dilapangan menunjukkan bahwa masih ada sekolah yang belum memakai media pembelajaran yang menarik dan berbasis informasi teknologi, anak pasif dalam pembelajaran sehingga kemampuan kognitif peserta didik pada materi perkalian muatan pelajaran matematika cukup rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebutuhan pengembangan media e-modul perkalian, mengembangkan media e-modul perkalian yang valid dan praktis, serta menganalisis efektifitas hasil e-modul perkalian untuk peningkatan kemampuan kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development dengan model Borg and Gall. Tahapan-tahapan dari penelitian ini adalah (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data, (2)perencanaan penelitian, (3)pengembangan desain produk, (4) uji lapangan terbatas, (5) revisi hasil uji lapangan terbatas, (6) uji lapangan secara luas, (7)revisi hasil uji lapangan secara luas, (8) uji kelayakan, (9)revisi final hasil uji kelayakan, (10) desiminasi dan implementasi produk akhir. Subjek penelitian ini ditentukan dengan purposive sampling kemudian diambil dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperimen. Kelas yang diambil termasuk kedalam tingkat yang sama berdasarkan akreditasi sekolah dan KKM mata pelajaran. Peneliti mengambil kelas II di SDN 4 Bategede dan SDN 2 Bendanpete Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik tes, dokumentasi, angket dan wawancara. Sedangkan analisis data digunakan untuk menganalisis kebutuhan pengembangan media e-modul perkalian, menganalisis hasil uji kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media untuk meningkatkan kemampuan kognitif peserta didik. Hasil penelitian diperoleh bahwa siswa dan guru membutuhkan media e-modul perkalian untuk peningkatan kemampuan kognitif siswa kelas II sekolah dasar di Nalumsari Jepara. Hasil uji kevalidan media diperoleh hasil skor rata-rata 3,70 dengan kategori sangat layak digunakan. Sedangkan hasil uji kepraktisan guru diperoleh hasil kepraktisan 3,71 dan hasil analisis angket respon siswa diperoleh hasil 3,73 dengan kategori sangat praktis. Sedangkan hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan kognitif pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing : Dr. Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: E-Modul Perkalian, Materi Perkalian, Kemampuan Kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 00:21
Last Modified: 31 Jan 2024 00:21
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20019

Actions (login required)

View Item View Item