Studi eksperimen mengenai pengaruh kecepatan blower & temperatur pengeringan terhadap kadar air bijih padi pada mesin pengering padi kapasitas 20 ton

MUSHOFFA, ZAKI (2023) Studi eksperimen mengenai pengaruh kecepatan blower & temperatur pengeringan terhadap kadar air bijih padi pada mesin pengering padi kapasitas 20 ton. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy

Abstrak

Pengeringan gabah padi merupakan hal yang terbilang penting dalam proses mendapatkan hasil gabah atau padi dengan tingkat kering atau kadar air yang tepat. Dengan hal tersebut cuaca menjadi hal utama yang dapat diandalkan dalam proses tersebut, sehingga berinovasi dengan menggunakan mesin pengering padi dengan menggunakan udara panas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan parameter yang sesuai dan tepat untuk mendapatkan tingkat kadar air dan waktu yang optimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kadar air dan waktu proses yang optimal, dengan melakukan pengamatan suhu pada temperatur 30°C, 40°C, dan 50°C menggunakan thermogun. Pengamatan putaran blower pada kecepatan putar 500 Rpm, 600 Rpm, dan 700 Rpm menggunakan tacho meter. Pengamatan kadar air pada padi sebesar ± 14% menggunakan Grain moisture meter. Kapasitas mesin pengering padi ini yaitu 20 Ton. Hasil yang didapatkan dari pengujian pengeringan bijih padi ini yang sesuai dan dapat menghasilkan kadar air ± 14% dengan variable kecepatan 500 Rpm, 600 Rpm, 700 Rpm dan temperature 30°C, 40°C, 50°C pada waktu 24 jam. Dengan variable kapasitas 5 ton pada kecepatan 600 Rpm denan temperature 30°C menghasilkan rata-rata kadar air bijih padi sebesar 12.5 %. Kapasitas 10 ton pada kecepatan 700 Rpm denan temperature 30°C menghasilkan rata-rata kadar air bijih padi sebesar 13.6 %. Kapasitas 20 ton pada kecepatan 600 Rpm denan temperature 40°C menghasilkan rata-rata kadar air bijih padi sebesar 13.3 %. Hasil dari penelitian pengeringan pada bijih padi ini yang optimal adalah pada pengeringan 20 ton pada kecepatan 600 Rpm dengan temperature 40°C dan menghasilkan kadar air sebesar 13.3 %.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr Akhmad Zidni Hudaya S.T., M.Eng Dosen Pembimbing II: Rochmad Winarso, S.T., M.T.
Kata Kunci: Pengering Padi, Kadar Air, Kecepatan Putar, Temperatur
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Jan 2024 19:51
Last Modified: 31 Jan 2024 19:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20035

Actions (login required)

View Item View Item