Tinjauan yuridis erhadap putusan lepas dalam tindak pidana penggelapan di pengadilan negeri demak (studi kasus putusan nomor 225/Pid.b/2018/pn.dmk

SAPUTRA, CATUR WAHYU (2023) Tinjauan yuridis erhadap putusan lepas dalam tindak pidana penggelapan di pengadilan negeri demak (studi kasus putusan nomor 225/Pid.b/2018/pn.dmk. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (606kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstrak

kripsi yang berjudul, “Tinjauan Yuridis Terhadap Putusan Lepas Dalam Tindak Pidana Penggelapan di Pengadilan Negeri Demak (Studi Kasus Putusan Nomor 225/Pid.B/2018/PN.Dmk)”, dilatar belakangi adanya hal yang menarik dalam perkara nomor 225/Pid.B/2018/PN.Dmk, dikarenakan dalam putusan tersebut jelas menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan melakukan poerbuatan yang didakwakan oleh JPU, tetapi bukan merupakan tindak pidana. Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menjawab permasalahan terkait pertimbangan/alasan hakim pada kasus yang diteliti menjatuhkan putusan lepas terhadap dakwaan tindak pidana penggelapan dan batas perkara perdata dengan perkara pidana pada kasus yang diteliti. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis-normatif dengan pendekatan perundang-undangan (statute aproach) dan pendekatan kasus (case aproach). Metode analisa data bersifat kualitatif dengan bentuk spesifikasi deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan yaitu data sekunder diperoleh dengan studi kepustakaan (library research). Dari hasil penelitian dapat ditunjukkan bahwa, pertimbangan/alasan Hakim pada Putusan Nomor 225/Pid.B/2018/Pn.Dmk menjatuhkan putusan lepas dari segala tuntutan terhadap dakwaan tindak pidana penggelapan dalam jabatan adalah terdiri dari pertimbangan yuridis, setelah melalui persidangan yang didasarkan alat bukti, sehingga didapat keyakinan hakim maka perbuatan terdakwa benar telah terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 374 KUHP. Pertimbangan sosiologis yaitu dengan mempertimbangkan hal-hal yang memberatkan dan meringankan terdakwa serta peristiwa yang melatarbelakangi perbuatan pidana, sehingga perbuatan tersebut bukan merupakan suatu tindak pidana karena masih ada sengketa hak yang harus diselesaikan melalui hakim Perdata. Batas perkara perdata dengan perkara pidana pada putusan Nomor 225/Pid.B/2018/PN.Dmk adalah berdasarkan dakwaan JPU dipandang lain oleh Hakim dalam pertimbangannya karena adanya bukti berupa SK No. 06/SK�Pengangkatan/XI/2015 dan Surat Administrasi Rekrutmen atau diterimanya oleh perusahaan tanggal 12 Oktober 2015 di PT. Anugerah Gerbang Emas Semarang, yang mempunyai tugas dan tanggungjawab terhadap pengeloaan barang serta peningkatan penjualan barang milik PT tersebut, dimana bukti surat kontrak kerja ini masuk bagian gugatan Perdata, sehingga hal ini menjadi dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan putusannya terhadap Terdakwa meskipun berdasarkan fakta-fakta di pengadilan Terdakwa telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan perbuatan tindak pidana “penggelapan dalam jabatan” sebagaimana diatur dalam Pasal 374 KUHP, akan tetapi perbuatan tersebut bukan merupakan suatu tindak pidana.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Hidayatullah, S.H, M.Hum., Dosen Pembimbing II: Suyoto, S.H.,M.H
Kata Kunci: Putusan Lepas, Tindak Pidana, Penggelapan
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Hukum pidana dan prosedurnya
Hukum
Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi
Program Studi: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 11 Feb 2024 19:57
Last Modified: 11 Feb 2024 19:57
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20173

Actions (login required)

View Item View Item