Students’ perceptions toward the use of role-play games in english speaking club at sma 2 bae kudus in academic year 2022/2023

WILANTEN, KARENINA (2023) Students’ perceptions toward the use of role-play games in english speaking club at sma 2 bae kudus in academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
TITLE.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
CHAPTER II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
CHAPTER III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
CHAPTER IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
CHAPTER V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
CHAPTER VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
REFERENCES.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
APPENDICES.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan berbicara merupakan salah satu komponen penting dalam pembelajaran. Di tingkat SMA, terdapat English Speaking Club (ESC) sebagai alternatif yang baik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di luar jam pelajaran. Permainan role-play bisa menjadi teknik pembelajaran yang bagus dalam mengajar berbicara. Permainan peran mendorong siswa untuk berbicara bahasa Inggris, mereka merasa termotivasi untuk berinteraksi menggunakan bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan role-play game dan untuk mengetahui manfaat menggunakan role-play sebagai teknik dalam belajar bahasa Inggris di English Speaking Club di SMA 2 Bae Kudus tahun ajaran 2022/2023. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Peneliti menentukan siswa Klub Berbicara Bahasa Inggris di SMA 2 Bae Kudus dan mengambil 14 siswa aktif sebagai peserta. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen berupa kuesioner dan wawancara kelompok terarah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden menjawab bahwa role-play adalah teknik yang baik dan memiliki banyak manfaat untuk pembelajaran berbicara bahasa Inggris di English Speaking Club di SMA 2 Bae Kudus tahun ajaran 2022/2023. Temuan menunjukkan bahwa persepsi siswa terhadap penggunaan role- play game di English Speaking Club di SMA 2 Bae Kudus memiliki persepsi yang positif. Melalui role-play, siswa memiliki motivasi, kepercayaan diri, dan kesempatan untuk berinteraksi menggunakan bahasa Inggris. Kesimpulannya, dari segi persepsi siswa yang diambil melalui kuesioner dan wawancara kelompok terarah, permainan peran dapat menjadi teknik pembelajaran yang baik di English Speaking Club (ESC). Oleh karena itu, peneliti berharap penelitian ini dapat digunakan oleh guru English Speaking Club sebagai salah satu teknik dalam pembelajaran bahasa Inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Rusiana, S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II: Farid Noor Romadlon, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Speaking, English Speaking Club, Role-Play Games, Learning Technique
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 18 Feb 2024 20:20
Last Modified: 18 Feb 2024 20:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item