Mengatasi masalah kecanduan game online Dengan konseling behavioristik teknik self management pada siswa kelas x sma 1 mejobo

ALYANA, ADINDA AYU (2023) Mengatasi masalah kecanduan game online Dengan konseling behavioristik teknik self management pada siswa kelas x sma 1 mejobo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (533kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Pada zaman sekarang ini telah terjadi perkembangan teknologi yang sangat pesat, yang mengakibatkan perubahan sistem disetiap kehidupan masyarakat. Salah satu akibat dari perkembangan teknologi yang sangat pesat ini adalah munculnya internet. Seiring dari perkembangan teknologi disetiap tahunnya yang semakin pesat maka munculnya internet tersebut sebagai sarana hiburan bagi msyarakat, salah satunya yaitu dengan adanya game yang menggunakan jaringan internet yang disebut dengan istilah game online. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini semakin pesat menghasilkan produk-produk teknologi yang memberikan manfaat dan kemudahan bagi manusia mulai dari manfaat ilmu pengetahuan, pendidikan dan hiburan. Game online merupakan salah satu permainan yang dimainkan lebih dari satu orang atau sekelompok orang secara online menggunakan gadget yang terhubung jaringan internet. Kebiasaan bermain game tersebut lama kelamaan menjadikan kecanduan yang dimana seseorang tidak dapat menahan keinginan untuk bermain game online. Selain menimbulkan dampak negatif, bermain game online juga menimbulkan dampak positif akan tetapi lebih banyak mengandung dampak negatif dibanding dampak positif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan konseling behavioristik teknik self management untuk mengatasi masalah kecanduan game online yang dialami siswa kelas X. Pada teknik self management terdiri dari beberapa tahap yakni tahap montoring diri, tahap evaluasi, dan tahap penguatan, penghapusan (hukuman), dan pemberian reward. Dalam penelitian ini dilaksanakan di SMA 1 Mejobo yang terletak di Jln Pasar Ndoro Desa Jepang RT 2 RW 3 Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Provinsi Jawa Tengah Kode Pos 59381, dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus dimana memerlukan data dari objek dan subjek penelitian secara jelas dan nyata. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi yang digali secara mendalam agar memperoleh data yang akurat terhadap penyebab terjadinya kecanduan game online yang dialami oleh siswa SMA 1 Mejobo. Subjek penelitian yang diambil ada dua siswa kelas X dan sumber pendukung lainya seperti guru BK, wali kelas, dan teman sekelas klien. Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti dengan subjek penelitian memperoleh hasil siswa di SMA 1 Mejobo yang kecanduan game online. Dalam wawancara peneliti dengan Guru BK dan Wali kelas memperoleh hasil 2 siswa yang dijadikan klien oleh peneliti yakni GFM dan MHP, kedua siswa tersebut di indikasi sama-sama memiliki masalah kecanduan game online dan akhinya peneliti memilih untuk menjadi bahan penelitian dengan membantu menyelesaikan masalah kecanduan game online menggunakan konseling behavioristik teknik self management. Dari permasalahan klien GFM dan MHP tersebut maka konselor melakukan konseling yang dilakukan antara klien dan konselor supaya masalah dapat teratasi dengan baik dengan menggunakan konseling behavioristik teknik self management. Dalam konseling behaviristik ini terdapat beberapa tahapan yakni assessment, goal setting, technique implementation, dan evaluation termination yang harus disesuaikan dengan permasalahan yang dihadapi klien. Pada tahap teknik self management sendiri terdiri dari beberapa tahap yakni tahap montoring diri, tahap evaluasi, dan tahap penguatan, penghapusan (hukuman), dan pemberian reward. Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa konselor memilih menggunkan konseling behavioristik teknik self management ini dapat menyelesaikan masalah kecanduan game online yang sedang dialami oleh klien. konseling yang dilakukan antar konselor dan klien ini tidak dapat lansgung terselesaikan dengan satu pertemuan, melainkan dengan beberapa proses konseling. Berdasarkan dari hasil penelitian yang sudah peneliti lakukan di SMA 1 Mejobo peneliti memberikan saran kepada bebarapa pihak yaitu Kepala Sekolah, Guru BK, Siswa, dan saran untuk Peneliti itu sendiri.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Santoso, M.Pd. DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Richma Hidayati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kecanduan Game Online, Konseling Behavioristik, Teknik Self Management.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 19 Feb 2024 01:19
Last Modified: 19 Feb 2024 01:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20288

Actions (login required)

View Item View Item