Penerapan konseling rational emotive therapy dalam mengatasi rasa kurang percaya diri pada siswa kelas x-9 di sma 1 mejobo

LESTARI, CRISTINA PUJI (2023) Penerapan konseling rational emotive therapy dalam mengatasi rasa kurang percaya diri pada siswa kelas x-9 di sma 1 mejobo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (561kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (402kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Kepercayaan diri merupakan hal yang penting yang harus dimiliki oleh individu, karena dengan kepercayaan diri dibutuhkan untuk melakukan segala hal terutama jika harus melakukan pekerjaan yang berhadapan dengan orang lain. Dengan memiliki kepercayaan diri maka, individu tersebut selalu memiliki sikap positif dan sikap positif inilah yang membuat individu tersebut mampu mengembankan penilaian positif baik terhadap lingkungannya maupun orang lain. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian study kasus. Subjek yang diteliti adalah beberapa siswa kelas X-9 yang merasa kurang percaya diri. Pada lingkungan sekolah juga masih banyak siswa yang memiliki masalah Rasa Kurang Percaya diri. Hal ini dibuktikan dengan kenyaataan yang di temukan di SMA N 1 MEJOBO bahwa dalam kelas X-9 terdapat beberapa siswa yang mengalami permasalahan yaitu tidak percaya diri pada siswa. Penelitian ini telah dirancang dalam bentuk studi kasus. Subjek yang diteliti yaitu siswa yang bernama CAAR dan CARP siswa yang mengalami rasa kurang percaya diri di SMA N 1 Mejobo. Teknik pengumpulan data meliput Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan untuk analisis data yang digunakan yaitu data kualitatif. Berdasarkan hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setelah konseli diberikan sebuah Konseling Rational Emotif Therapy konseli mampu mengatasi masalah yang dihadapi konseli, untuk konseli pertama CAAR yang malu saat maju didepan kelas dan takut melakukan tanya jawab menjadi lebih berani lagi untuk maju didepan kelas dan tidak takut untuk melakukan tanya jawab, sedangkan untuk konseli kedua CARP perubahan yang ditunjukkan setelah diberikan konseling Rational Emotif Therapy yaitu membuat CARP bmenjadi agak berani untuk berbicara dengan orang lain, akan tetapi dia belum siap jika harus mengikuti kegiatan organisasi. Hal ini membuktikan bahwa konseling Rational Emotif Therapy dapat merubah sikap dan pemikiran konseli yang awalnya memiliki pemikiran irrasional menjadi rasional. Walaupun dalam pelaksanaan kegiatan konseling dilakukan secara singkat dan belum memberikan perubahan secara optimal, akan tetapi dapat menunjukkan bahwa konseli CAAR dan CARP mengalami sedikit perubahan yang awalnya untuk konseli CAAR merasa malu untuk maju didepan kelas dan melakukan tanya jawab menjadi tidak malu lagi untuk maju didepan kelas dan menjadi lebih berani untuk melakukan tanya jawab, sedangkan untuk konseli CARP yang awalnya memiliki masalah takut untuk bersosialisasi dan mengikuti kegiatan organisasi

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Dr. Santoso, M.Pd Dosen Pembimbing II: Drs. Sucipto, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Konseling Rational Emotif Therapy, Rasa Kurang Percaya Diri
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 00:22
Last Modified: 21 Feb 2024 00:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20313

Actions (login required)

View Item View Item