Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning (pjbl) berbantuan media mind mapping terhadap kelas iv sd

NINGRUM, NUR ARIFIYAH (2023) Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran project based learning (pjbl) berbantuan media mind mapping terhadap kelas iv sd. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (469kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (852kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB) | Request a copy

Abstrak

Aktivitas belajar siswa di dalam kelas dirasa cukup kurang, seperti dalam kegiatan bertanya, menjawab pertanyaan, dan mengerjakan soal. Hal tersebut dibuktikan dengan kenyataan dari hasil observasi dan wawancara dari peneliti di SD Negeri Prawoto 02. Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Project based learning (PjBL) berbantuan media mind mapping. Project Based Learning (PjBL) merupakan pembelajaran berbasis proyek yang akan melibatkan siswa untuk menumbuhkan aktivitas belajarnya di dalam kelas, sedangkan media mind mapping merupakan teknik mencatat untuk mengembangkan gaya belajar siswa dengan memanfaatkan potensinya. Media mind mapping berupa pemetaan pikiran dengan menghubungkan konsep suatu materi dalam bentuk tulisan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SD Negeri Prawoto 02 pada kelas IV dengan subjek penelitian 29 siswa. penelitian ini akan dilaksanakan dengan menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Untuk mengukur aktivitas belajar siswa, peneliti menggunakan instrumen angket dengan melalui uji validitas konstruk. Analisis data yang digunakan oleh peneliti ialah analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran project based learning berbantuan media mind mapping terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada mata pelajaran IPAS kelas IV. Hasil aktivitas belajar siswa tersebut diperoleh rata-rata 66,9% pada siklus I, kemudian dilanjutkan pada siklus II menjadi 84,4% dalam kategori baik. Keterampilan guru pada pertemuan pertama diperoleh rata-rata 87,9%, pertemuan kedua diperoleh rata-rata 89,1%, pertemuan ketiga diperoleh rata-rata 92,1%, dan pertemuan keempat diperoleh rata-rata 94,1%. Berdasarkan hasil perolehan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran project based learning (pjbl) berbantuan media mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peneliti berharap aktivitas belajar siswa semakin meningkat dan penggunaan model dan media menjadi tambah bervariasi, serta penelitian ini dapat dijadikan referensi untuk penelitian-penelitian selanjutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Ika Ari Pratiwi, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari, M.Pd.,
Kata Kunci: Aktivitas Belajar Siswa, Project Based Learning, Media Mind Mapping
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Feb 2024 18:16
Last Modified: 21 Feb 2024 18:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20324

Actions (login required)

View Item View Item