FAIZIN, ASHIFUL (2023) Pengembangan supervisi akademik berbasis kolaboratif kepala sekolah di madrasah ibtidaiyah kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Text (halaman judul)
HAL. JUDUL.pdf - Published Version Download (753kB) |
|
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Menganalisis kebutuhan panduan supervisi akademik berbasis kolaboratif di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Rembang, 2) Menganalisis perencanaan supervisi akademik berbasis kolaboratif dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah, 3) Menganalisis kelayakan buku panduan supervisi akademik berbasis kolaboratif di Madrasah Ibtidaiyah, supervisi akademik berbasis kolaboratif, yaitu pengawasan berbasis kemitraan antara pengawas dan yang diawasi, dimana pengawas diposisikan sebagai mitra yang lebih berpengalaman untuk melakukan proses penyelidikan dan pemecahan masalah. Kepala sekolah dalam menjalankan kinerjanya memiliki harapan untuk berbagi tanggung jawab, sehingga supervisi akademik berbasis kolaboratif akan lebih efektif jika ada kolegialitas antara pengawas dan guru, tentunya supervisi kepala sekolah memiliki misi dan tujuan tertentu. dalam hal ini tujuan supervisi lebih untuk membantu guru dalam melaksanakan tanggung jawab profesionalnya secara efektif dan efisien serta untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Kabupaten Rembang. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah Borg and Gall Guide namun hanya sampai 3 tahap atau sampai tahap pengembangan. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu secara kualitatif dan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah tiga sekolah MI An-Nashriyyah Lasem, MI Al Hassan Pancur, MI Mansyaul Huda Pamotan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Validasi dilakukan oleh validator ahli. Uji validasi ahli dilakukan untuk mendapatkan informasi, saran, dan usulan perbaikan yang akan digunakan untuk merevisi pedoman supervisi akademik berbasis kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan kepala sekolah dan guru pada tiga Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Rembang membutuhkan panduan supervisi akademik Berbasis Kolaboratif. Pengembangan panduan supervisi akademik melalui tahap pengembangan desain panduan dan tahapan panduan supervisi akademik Berbasis Kolaboratif, kemudian divalidasi oleh pakar manajemen pendidikan, praktisi pendidikan dan ahli bidang bahasa, sehingga dinyatakan layak digunakan untuk diuji cobakan. Implementasi dan tindak lanjut hasil panduan supervisi akademik Berbasis Kolaboratif .layak digunakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Dr. Ahmad Hariadi, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Dr. Gunawan Setiadi, M.Pd., |
Kata Kunci: | Supervisi Akademik, Berbasis Kolaboratif, Kepala Sekolah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 18:11 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 18:11 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20348 |
Actions (login required)
View Item |