Kefektifan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan numerasi berbantu media geogebra Pada siswa kelas 5 sd 3 tenggeles

Tari, Indah Sekar (2023) Kefektifan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan numerasi berbantu media geogebra Pada siswa kelas 5 sd 3 tenggeles. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (622kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (191kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan numerasi siswa secara khusus dikembangkan melalui pembelajaran matematika. Rendahnya kemampuan numerasi pada SD 3 dan 2 Tenggeles dikarenakan selama proses pembelajaran guru jarang sekali menggunakan model dan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan ini untuk menganalisis kemampuan numerasi siswa yang mengikuti pembelajaran PBL berbantu media Geogebra mencapai kriteria ketuntasan minimum, untuk menganalisis perbedaan terhadap kemampuan numerasi siswa sebelum dan sesudah menerapkan model PBL berbantu media Geogebra dan mengukur apakah ada peningkatan pada kemampuan numerasi setelah menerapkan model pembelajaran PBL berbantu media Geogebra. Model pembelajaran PBL adalah model pembelajaran yang biasa dikenal sebagai model pembelajaran berbasis masalah, baik secara individu maupun kelompok. Kemampuan numerasi adalah kemampuan menguasai konsep untuk kecakapan sehari-hari. Geogebra adalah salah satu program komputer yang dimanfaatkan sebgai media pembelajaran matematika. Penelitian kuantitatif eksperimen semu dilaksanakan di kelas 5 SD 3 Tenggeles sebagai kelas eksperimen dan SD 2 Tenggeles sebagai kelas kontrol. Subyek dalam penelitian ini yaitu kelas eksperimen berjumlah 17 siswa dan kelas kontrol berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi uji hipotesis menggunakan uji One Sample T-Test, Uji Paired Sample T-Test dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji One Sample T-Test untuk menganalisis perbedaan rata-rata memperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, maka 0,000< 0,05. Hasil uji Paired Sample T-Test untuk menyatakan perbedaan terhadap kemampuan numerasi sebelum dan sesudah menerapkan model PBL berbantu media Geogebra memperoleh nilai Sig.(2-tailed) 0,000, maka 0,000< 0,05 dan hasil pengujian N-gain untuk mengukur penerapan model PBL berbantu media Geogebra terhadap kemampuan numerasi memperoleh nilai 0,69. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata dalam pembelajaran dengan model PBL berbantu media Geogebra dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah menerapkan model PBL berbantu media Geogebra. Terdapat peningkatan kemampuan numerasi siswa setelah menerapkan model pembelajaran PBL berbantu media Geogebra.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I: Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: Lovika Ardana Riswari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Numerasi, Geogebra, Problem Based Learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Feb 2024 19:10
Last Modified: 23 Feb 2024 19:10
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item