A move analysis of bachelor thesis abstracts written by english program and non-english program students of universitas muria kudus

KUSUMAWARDHANI, AMALIA TASYA (2023) A move analysis of bachelor thesis abstracts written by english program and non-english program students of universitas muria kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (54kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (80kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Pada jenjang pendidikan S1, seorang mahasiswa diwajibkan untuk menyelesaikan sebuah skripsi. Idealnya penulisan abstrak skripsi harus sesuai aturan. Namun, abstrak yang ditulis oleh mahasiswa S1 tidak selalu sesuai dengan format yang ada. Kebanyakan dari mereka hanya membaca abstrak yang ditulis oleh peneliti lain untuk mendapatkan referensi tentang cara menulis abstrak yang baik. Hal ini akan menyebabkan kurangnya inovasi, berpikir kritis, dan kreativitas. Terkait dengan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gerak retorika dalam abstrak skripsi yang ditulis oleh mahasiswa Program Bahasa Inggris dan non-Bahasa Inggris di Universitas Muria Kudus. Model dari Hyland (2000) digunakan untuk menganalisis abstrak skripsi. Model oleh Hyland meliputi lima gerak yaitu, pendahuluan, tujuan, metode, hasil, dan kesimpulan. Penelitian ini adalah studi kualitatif dengan dokumen sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Dokumen tersebut berupa abstrak skripsi yang ditulis oleh mahasiswa S1 Program Bahasa Inggris dan non-Bahasa Inggris Universitas Muria Kudus. Terdapat 30 abstrak yang dianalisis. 15 abstrak diambil dari Program Bahasa Inggris (Pendidikan Bahasa Inggris) dan 15 abstrak dari Program non-Bahasa Inggris (Manajemen, Psikologi, dan Hukum; masing-masing 5). Abstrak-abstrak tersebut didapat secara online melalui eprintsumkpublished yang diterbitkan dalam tiga tahun terakhir (2020-2022). Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerak retorika pada abstrak bervariasi pada 4 struktur yaitu P-M-Pr, I-P-M-Pr-C, I-P-M-Pr, dan P-M-Pr-C. Struktur gerak yang paling banyak digunakan oleh mahasiswa Program Bahasa Inggris adalah model Hyland atau I-P-M-Pr-C (91,7%), sedangkan struktur gerak yang paling disukai oleh mahasiswa non-Bahasa Inggris adalah P-M-Pr (77 %). Mahasiswa Program Bahasa Inggris kebanyakan menggunakan Pendahuluan dan Kesimpulan, sementara mahasiswa Program non-Bahasa Inggris jarang menggunakan kedua langkah ini dalam abstrak tesis mereka. Berdasarkan temuan tersebut, peneliti menyarankan agar mahasiswa S1 menyadari pentingnya struktur gerak retorika saat menulis abstrak skripsi. Guru dan dosen EFL juga tidak boleh mengabaikan pentingnya mengajarkan aturan tentang gerak retorika. Apabila aturan tentang gerak retorika dipahami sepenuhnya, diyakini siswa akan dapat menulis abstrak dengan lebih efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: DOSEN PEMBIMBING 1: Dr. Fitri Budi Suryani, S.S., M.Pd DOSEN PEMBIMBING 2: Dr. Diah Kurniati, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Gerak Retorika, Abstrak, Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 01:49
Last Modified: 28 Feb 2024 01:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20433

Actions (login required)

View Item View Item