Error analysis of simple present tense in the students writing of descriptive texts at tenth and twelfth grade of sma 1 mayong jepara

Albab, Burhanudin (2023) Error analysis of simple present tense in the students writing of descriptive texts at tenth and twelfth grade of sma 1 mayong jepara. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Latar belakang penelitian ini berawal dari tantangan siswa dalam menghasilkan tulisan deskriptif yang berkualitas tinggi, termasuk pemilihan kosakata, penggunaan tenses, struktur kalimat, dan koherensi paragraf. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan dalam teks deskriptif yang dibuat oleh siswa kelas sepuluh dan dua belas di SMA 1 Mayong, dengan fokus pada simple present tense. Dengan membandingkan kemahiran bahasa dan pola kesalahan antara tingkat kelas ini, penelitian ini berusaha untuk memahami kemajuan pemerolehan bahasa siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan melakukan analisis kesalahan untuk mengidentifikasi, mengkategorikan, dan mendefinisikan kesalahan yang dibuat oleh siswa. Data dikumpulkan dari teks deskriptif menggunakan simple present tense yang ditulis oleh siswa kelas XI dan XII di SMA 1 Mayong Jepara. Proses analisis data melibatkan enam langkah, termasuk deteksi kesalahan, menemukan kesalahan, deskripsi kesalahan, klasifikasi kesalahan, dan menghitung kesalahan. Taksonomi Strategi Permukaan Dulay et al. digunakan untuk klasifikasi kesalahan, yang meliputi kesalahan penghilangan, kesalahan informasi, kesalahan pengurutan, dan kesalahan penjumlahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas dua belas memiliki lebih sedikit kesalahan dibandingkan siswa kelas sepuluh dengan total 65 kesalahan dibandingkan 168 kesalahan. Siswa kelas dua belas memiliki 31 kesalahan (47,69%) dalam Misformation, sedangkan siswa kelas sepuluh membuat 49 kesalahan (33,10%). Untuk Omission, siswa kelas dua belas memiliki 24 kesalahan (36,92%) dibandingkan dengan siswa kelas sepuluh yang membuat 65 kesalahan (43,91%). Selain itu, dalam hal Penjumlahan, siswa kelas dua belas memiliki 9 kesalahan (13,84%), dan siswa kelas sepuluh memiliki 29 kesalahan (19,59%). Terakhir, siswa kelas dua belas melakukan 1 kesalahan (1,53%) dalam Misordering, sedangkan siswa kelas sepuluh memiliki 5 kesalahan (3,37%). Misformation adalah kesalahan yang paling umum terjadi di antara siswa kelas dua belas, sementara Omission adalah kesalahan yang paling umum terjadi di antara siswa kelas sepuluh. Terdapat kesamaan jenis kesalahan, yaitu penghilangan, penambahan, misformasi, dan kesalahan pengurutan. Di sisi lain, terdapat tiga kategori kesalahan yang berbeda yaitu penghilangan kata depan, penambahan penandaan ganda, dan kesalahan bentuk lengkung. Peneliti berharap bahwa penelitian ini akan berkontribusi pada praktik pengajaran yang lebih efektif dengan mengidentifikasi kesalahan yang umum terjadi. Dengan memahami kesalahan siswa, para guru dapat merancang strategi dan materi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan menulis mereka. Pada akhirnya, penelitian ini memiliki potensi untuk meningkatkan kemahiran bahasa siswa dan memajukan kemampuan mereka dalam menulis teks deskriptif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M.Pd., Dosen Pembimbing II : Dr. Muh Syafei, M.Pd
Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Simple Present Tense, Teks Deskriptif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 20:59
Last Modified: 28 Feb 2024 20:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20442

Actions (login required)

View Item View Item