The use of er-central in extensive reading activity by english club at sma n 1 kudus in academic year 2022/2023

PUTRI, OKY ADINDA (2023) The use of er-central in extensive reading activity by english club at sma n 1 kudus in academic year 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (736kB) | Preview
[thumbnail of BAB 1]
Preview
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (935kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Extensive Reading (ER) adalah pendekatan pembelajaran bahasa kedua yang mendorong siswa untuk membaca secara ekstensif dari buku-buku yang sederhana dan menghibur untuk meningkatkan kecepatan dan kelancaran membaca mereka tetapi banyak siswa yang tidak tertarik membaca secara umum. Mereka sering mengatakan bahwa membaca itu membosankan dan membutuhkan banyak waktu untuk memahaminya. Oleh karena itu, mereka memiliki kapasitas yang lebih kecil untuk menyerap informasi digital dan pengalaman membaca yang lebih sedikit. Berdasarkan penjelasan di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses penggunaan ER-Central dalam kegiatan extensive reading oleh English Club di SMA N 1 Kudus dan untuk mengetahui kesulitan yang ditemukan selama penggunaan ER-Central dalam kegiatan extensive reading seperti masalah teknis, kemampuan literasi digital yang kurang, kurangnya motivasi, pengetahuan yang terbatas tentang membaca ekstensif, dan prinsip-prinsip ER yang terlalu menuntut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan hasil. Data penelitian ini adalah proses penggunaan ER-Central dalam kegiatan extensive reading dan kesulitan yang ditemukan selama penggunaan bacaan ekstensif melalui er-central. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi, kuesioner, dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah siswa English Club SMA N 1 Kudus tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari X MIPA, X IPS, XI MIPA, dan XI IPS dengan jumlah 48 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penggunaan ER-Central dalam kegiatan extensive reading berjalan dengan baik karena guru dan siswa menerapkan langkah latihan dan prinsip-prinsip membaca ekstensif, dan sebagian besar siswa menunjukkan antusiasme selama proses membaca ekstensif dengan menggunakan ER-Central di ponsel mereka. Namun, beberapa di antaranya mengalami kendala teknis selama proses pembacaan ekstensif. Selain itu, data juga menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dengan salah satu dari 10 prinsip membaca ekstensif. Dalam hal ini, ada perbedaan pendapat tentang membaca individu dan silent reading / membaca dalam diam. Peneliti menyimpulkan bahwa baik untuk melihat semua prinsip diterapkan dalam program membaca ekstensif, tetapi tidak semuanya dapat diterapkan dalam konteks sekolah. Lima prinsip dasar adalah prinsip yang paling disukai siswa dibandingkan dengan 10 prinsip, karena lima prinsip tersebut mudah dan tidak membuat siswa keberatan. Peneliti menyarankan agar tutor menggunakan 10 prinsip sebagai pedoman (bukan sebagai aturan yang harus diikuti secara ketat) untuk pelaksanaan membaca ekstensif. Dengan demikian, siswa dapat mengikuti kegiatan membaca ekstensif dengan lebih antusias.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Rusiana, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing II : Agung Dwi Nurcahyo, S.S., M.Pd
Kata Kunci: ER-central, Membaca Ekstensive, Membaca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Feb 2024 23:50
Last Modified: 29 Feb 2024 01:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20454

Actions (login required)

View Item View Item