Analisis pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam permainan game online (mobile legend) pada anak di desa pesagi kecamatan kayen kabupaten pati jawa tengah

Ningsih, Priyati (2023) Analisis pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab dalam permainan game online (mobile legend) pada anak di desa pesagi kecamatan kayen kabupaten pati jawa tengah. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
Halaman Judul_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version

Download (277kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (837kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
Lampiran_Priyati Ningsih_201833200.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai pendidikan karakter disiplin dan tanggung Jawab dalam permainan Game Online Mobile Legend dan untuk menganalisis dampak permainan Game Online Mobile Legend pada anak di Desa Pesagi Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Jawa Tengah. Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab merupakan salah satu diantara nilai dalam pendidikan karakter yang harus dimiliki anak untuk membentuk anak menjadi pribadi cerdas, dan juga membentuk pribadi yang berperilaku baik, yang diharapkan menyumbangkan perubahan dalam tatanan kehidupan sosial kemasyarakatan menjadi lebih baik. maka dari itu peneliti ingin meneliti permasalan mengenai karakter disiplin dan tanggung jawab anak dalam permainan game online mobile legend yang mereka mainkan. Game Online Mobile Legend merupakan permainan modern yang hadir di era sekarang yang membawa perubahan pada perilaku anak, baik positif maupun negatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Pesagi Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Jawa Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahap wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini lima anak usia sekolah dasar di SDN Pesagi 02 Kelas V. Dengan Teknis analasis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu nilai karakter disiplin dan tanggung jawab dalam permainan game online yang diperoleh pada kelima anak yaitu hadir tepat waktu dan menyelesaikan tugas tepat waktu, sedangkan karakter tanggung jawab dilakukan anak dengan menyelesaikan tugas dengan baik, bertanggung jawab terhadap setiap perbuatan, menyelesaikan tugas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, dan mengerjakan tugas tim secara bersama-sama. Dampak Game online mobile legend terhadap kelima anak yaitu berkurangnya sosialisasi yang dilakukan anak, membuat anak mudah emosi, menunda dalam mengerjakan kewajibanya. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu bahwa terdapat karakter disiplin dan tanggung jawab yang dilakukan kelima anak dalam permainan game online mobile legend yang mereka mainkan tetapi untuk sikap disiplin dan tanggung yang ditunjukkan dalam kehidupannya nyata cenderung masih kurang dilakukan, dan dari dampak yang ditimbulkan dari permainan game online mobile legend memberikan dampak negatif bagi karakter anak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1: M. Syafruddin Kuryanto, S.Si., M.Or. Dosen Pembimbing 2 :Dr. Gunawan Setiadi, S.IP., M.Pd.
Kata Kunci: Karakter Disiplin & Tanggung Jawab, Game Online (Mobile Legend).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 29 Feb 2024 00:15
Last Modified: 29 Feb 2024 00:15
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20457

Actions (login required)

View Item View Item