Fidela, Anis Widadtya (2023) Efektivitas project based learning dengan pendekatan technological pedagogical content knowladge pada materi perkembangbiakan tumbuhan terhadap hasil belajar siswa kelas iv di gugus pattimura mejobo kudus. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
Hal Judul.pdf - Published Version Download (766kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (374kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (356kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (236kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (243kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
project based learning dengan pendekatan TPACK komponen technological content knowledge pada materi Perkembangbiakan Tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV SD, 2) untuk mengetahui efektivitas penerapan project based learning dengan pendekatan TPACK komponen technological pedagogical knowledge pada materi Perkembangbiakan Tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV SD, dan 3) untuk mengetahui efektivitas penerapan project based learning dengan pendekatan TPACK komponen pedagogical content knowledge pada materi Perkembangbiakan Tumbuhan terhadap hasil belajar siswa di Kelas IV SD. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantatif dengan metode quasi experimental design jenis posttest only control group design. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan instrumen post-test. Analisis data pada penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji ANOVA dengan level signifikansi 0,05, uji lanjutan dan uji one sample t-Test dengan level signifikansi 0,05. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) variabel project based learning dengan pendekatan TPACK komponen TPK menunjukkan uji One Sample t-Test dapat diperoleh nilai sig. 0.006 < 0,05, sehingga project based learning dengan pendekatan TPACK komponen TPK tidak efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, 2) variabel project based learning dengan pendekatan TPACK komponen TCK menunjukkan uji One Sample t-Test dapat diperoleh nilai sig. kurang dari 0,001 < 0,05. Sehingga project based learning dengan pendekatan TPACK komponen TCK tidak efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan 3) variabel project based learning dengan pendekatan TPACK komponen PCK menunjukkan uji One Sample t-Test dapat diperoleh nilai sig. 0,932 > 0,05. Sehingga project based learning dengan pendekatan TPACK komponen PCK efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa project based learning dengan pendekatan TPACK komponen TPK dan TCK tidak efektif digunakan sedangkan project based learning dengan pendekatan TPACK komponen PCK efektif digunakan.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I : Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. Dosen Pembimbing II : Dr. Khamdun, M.Pd. |
Kata Kunci: | project based learning, TPACK, hasil belajar siswa |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 00:36 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 00:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20459 |
Actions (login required)
View Item |