SHAVIRA, NIDA ANNISA (2023) Peran orang tua dalam pendidikan karakter tanggung jawab anak di desa gribig. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (halaman judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam pendidikan karakter tanggung jawab anak, mendeskripsikan karakter tanggung jawab anak-anak di Desa Gribig, dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi karakter tanggung jawab anak-anak di Desa Gribig. Orang tua merupakan pendidikan pertama bagi anak dan sudah seharusnya orang tua sebagai guru dan panutan bagi anak, orang tua sebagai pengajar bagi anak, serta orang tua memberikan andil besar dalam pendidikan karakter anak. Pendidikan karakter merupakan serangkaian upaya yang menjadikan anak untuk saling mengenal, peduli, dan menginternalisasi kan nilai-nilai sehingga anak dapat menjadi insan yang kamil. Karakter bertanggung jawab menjadi poin penting bagi anak untuk dapat mengoptimalkan kewajibannya sebagai seorang anak. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomologi. Penelitian ini akan di laksanakan di Desa Gribig, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, dengan mengambil subjek anak dan orang tua sebagai subjek penelitian. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data yang meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan, serta menggunakan analisis data trianggulasi model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelima subjek orang tua mampu berperan sebagai guru atau penuntun, sebagai pengajar, dan sebagai pemberi contoh terhadap pendidikan karakter anak. Selanjutnya, bentuk tanggung jawab ang dimiliki anak menunjukan kelima subjek anak memiliki tanggung jawab moral dan sosial, sementara hanya empat subjek yang menunjukan tanggung jawab sosial dengan baik. Dan terakhir, terdapat dua faktor yang mendukung dan satu faktor penghambat pendidikan karakter tanggung jawab anak di Desa Gribig Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran orang tua dalam pendidikan karakter tanggung jawab dapat diartikan bahwa orang tua merupakan tokoh sentral yang memegang peranan dalam mendidik karakter anak di rumah. Hendaknya orang tua selalu menjaga karakter karakter tanggung jawab anak tetap tumbuh dengan baik dan anak-anak tumbuh menjadi manusia yang memiliki nilai-nilai moral.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1: Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd., Dosen Pembimbing 2: Much Arsyad Fardani, S.Pd, M.Pd., |
Kata Kunci: | Peran orang tua, pendidikan karakter, tanggung jawab |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 01:36 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 01:36 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20466 |
Actions (login required)
View Item |