Pengembangan media ular tangga dengan model realistic mathematics education pada pemahaman konsep matematika kelas iv sdn tambirejo

Akhidah, Dewanti Nur (2023) Pengembangan media ular tangga dengan model realistic mathematics education pada pemahaman konsep matematika kelas iv sdn tambirejo. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HALAMAN JUDUL]
Preview
Text (HALAMAN JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV (3).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (691kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN-.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran yang monoton dan konvensional menggunakan metode ceramah dapat menyebabkan siswa kurang berminat dalam pembelajaran. Hal yang menyebabkan konsep yang diberikan tidak membekas tajam dalam ingatan siswa sehingga siswa mudah lupa dan sering kebingungan dalam memecahkan suatu permasalahan yang berbeda dari yang dicontohkan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk kelayakan,keefektifan, dan pengembangan media ular tangga dengan model realistic mathematics education pada pemahaman konsep matematika. Media ular tangga merupakan media pembelajran yang dikembangkan berdasarkan permainan tradisional permainan ular tangga disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dengan tujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran sebagai media informasi yang akan disampaikan kepada peserta didik. Model Realistic Mathematics Education merupakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk membangun pengetahuan melalui kegiatan pembelajaran. Pemahaman konsep matematika merupakan pandangan baru yang tidak terlihat yang memungkinkan kita untuk mengklasifikasikan objek atau peristiwa dan mengetahui apakah mereka terkandung dalam ide-ide abstrak. Dalam penelitian ini digunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN Tambirejo dengan subjek penelitian 20 siswa dan guru. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep, sedangkan variabel bebasnya adalah model realistic mathematics education berbantuan medua ular tangga. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media Ular Tangga sangat layak digunakan ditunjukan dengan presentase kelayakan media sebesar 77% dan kelayakan materi sebesar 88%. Pada uji N-Gain menunjukan hasil sebesar 0,1785 dengan kategori “sedang”. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu media Ular Tangga dinyatakan layak dan efektif digunakan pada pembelajaran kelas IV Pelajaran Maematika Materi Luas dan keliling bangun datar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing I : Eka Zuliana, M.Pd. Dosen Pembimbing II: Diana Ermawati, M.Pd.,
Kata Kunci: Media Ular Tangga, Model Realistic Mathematics Education, Pemahaman Konsep Matematika.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:18
Last Modified: 01 Mar 2024 01:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20489

Actions (login required)

View Item View Item