Shofa, Nungky Faila (2023) Pengaruh model pembelajaran rme (realistic mathematics education) berbantuan e-modul brustar terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (998kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (499kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (747kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (557kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil tes studi pendahuluan kemampuan pemecahan masalah yang diikuti oleh 25 siswa kelas VIII SMP 3 Bae Kudus diperoleh total nilai rata-rata 8,20 dengan nilai KKM adalah 72. Tujuan dalam penelitian ini yaitu 1) untuk menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung; 2) untuk menguji rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 3) untuk menguji perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian jenis Quasi Experimental dan rancangan yang dipilih adalah The Noneequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII G sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji kesamaan rata-rata. Sedangkan analisis data akhir meliputi uji t dua sampel independen, uji t satu sampel, dan uji n-gain dilanjutkan dengan uji t dua sampel independen. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e- modul BruStar lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diajarkan model pembelajaran langsung; 2) rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM); 3) terdapat perbedaan rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diajarkan model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar dengan siswa yang diajarkan pembelajaran langsung. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model pembelajaran RME berbantuan e-modul BruStar terbukti berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1:Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd Dosen Pembimbing 2: Savitri Wanabuliandari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Model RME (Realistic Mathematics Education), E-modul BruStar, Kemampuan Pemecahan Masalah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Mar 2024 02:13 |
Last Modified: | 01 Mar 2024 02:13 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20494 |
Actions (login required)
View Item |