AFDOLI, NAZAL SYAHRUL (2023) Pengembangan game edukasi materi siklus air bagi siswa kelas v sd dabin 1 kecamatan lasem kabupaten rembang. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (997kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (495kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (923kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (837kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (402kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan kebutuhan media dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar, mendiskripsikan desain pengembangan media interaktif game edukasi, mendiskripsikan kelayakan media interaktif game edukasi dan mendiskripsikan keefektifan media interaktif game edukasi materi siklus air dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahapan penelitian ini terdiri 10 tahap (Sugiyono, 2019:763-764) yang kemudian disimpulkan peneliti menjadi 7 langkah tahapan yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan tes. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah guru kelas V Dabin I Kecamatan Lasem dan siswa kelas V SDN di Dabin I Kecamatan Lasem. Pengembangan media interaktif game edukasi dilakukan dengan langkah-langkah analisis KI-KD pada materi ajar mapel IPA, media ajar yang harus mengikuti perkembangan zaman dan desain pengembangan media. Desain pengembagan media interaktif game edukasi yang berbentuk aplikasi yang dapat diinstal di HP Android dan dapat digunakan secara offline. Media interaktif game edukasi memiliki tampilan yang menarik dengan tombol interaktif, terdapat permainan untuk membantu siswa memahami materi, terdapat gambar, suara, vidio, animasi, latihan soal-soal untuk menambah minat belajar siswa. Siswa dapat mengakses aplikasi game edukasi melalui HP Android secara offline yang dapat dipakai oleh siswa untuk belajar dimanapun dan kapanpun tanpa terbatas oleh waktu. Kelayakan produk dilihat dari hasil validasi ahli media dan ahli materi. Hasil validasi ahli media memperoleh nilai 91,6 % dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli materi memperoleh nilai 94,4 % dengan kategori sangat layak. Kemudian media interaktif game edukasi diterapkan pada kelas eksperimen dan hasil perhitungan N-gain adalah 0,72 dengan kategori tinggi. Uji efektifitas pada penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil tes tertulis pembelajaran di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Diperoleh bahwa thitung adalah 2.425 dalam ttabel dengan a = 5% diperoleh 2.012, jadi hasil thitung > ttabel. Dari hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif game edukasi dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas V sekolah dasar.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr. A Hilal Madjdi, M.Pd Dosen Pembimbing II: Dr. Khamdun, M.Pd |
Kata Kunci: | media game edukasi, kognitif siswa, IPA |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 00:21 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 00:21 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20530 |
Actions (login required)
View Item |