Irawati, Arini Septiyan (2023) Pengembangan modul ajar bahasa indonesia berbasis kearifan lokal pada pembelajaran kurikulum merdeka kelas iv sekolah dasar di kabupaten kudus. Master thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
Text (HALAMAN JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (55kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (219kB) | Preview |
Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (267kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (654kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (142kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (153kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah adalah (1) memaparkan identifikasi kebutuhan guru dan peserta didik terhadap pengembangan modul ajar berbasis kearifan lokal untuk peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar; (2) mengembangkan modul ajar berbasis kearifan lokal untuk peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar; dan (3) mengukur efektifitas modul ajar berbasis kearifan lokal untuk peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (rearch&development) dengan menggunakan langkah-langkah penelitian yang dikembangkan Borg dan Gall (1983:56) terdiri atas sepuluh tahap, yaitu 1) Penelitian dan Pengumpulan Data, 2) Perencanaan, 3) Pengembangan Produk Awal, 4) Uji coba produk awal / Uji Coba Terbatas, 5) Penyempurnaan Produk Awal, 6) Uji Coba Lapangan Lebih Luas, 7) Penyempurnaan Produk Hasil Uji Lapangan Lebih Luas, 8) Uji Coba Produk Akhir, 9) Revisi atau Penyempurnaan Produk Akhir, 10) Diseminasi dan Implementasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil analisis kebutuhan modul ajar bagi guru dan siswa memuat aspek kelayakan isi, kebahasaan, sajian, dan kegrafikan berbasis kearifan lokal; (2) modul ajar mengembangkan bahan/ buku ajar berbasis kearifan lokal yang memuat folklor berbentuk lisan, sebagian lisan, dan bukan lisan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan adanya hasil validasi dari penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,45 dengan kategori “sangat baik”. Sedangkan validasi ahli media diperoleh skor rata-rata 3,325 dengan kategori “sangat baik”. Sehingga didapatkan nilai validasi pengembangan modul ajar Gusjigang adalah 3,39 dengan kategori “sangat baik”; (3) penggunaan modul ajar berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan skor hasil pretest-posttest dengan hasil uji n-gain pada uji coba terbatas skor rata- rata n-Gain 0,73 dengan kategori tinggi. Hasil uji n-Gain pada uji coba luas menunjukkan bahwa skor rata-rata n-Gain 0,6873 dengan kategori sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) identifikasi kebutuhan modul ajar untuk guru dan siswa memuat berbagai kearifan lokal; (2) modul ajar yang dikembangkan berbasis kearifan lokal memuat berbagai bentuk foklor layak digunakan sebagai modul ajar; dan (3) penggunaan modul ajar berbasis kearifan lokal terbukti efektif meningkatkan skor hasil pretest-posttest.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing I: Dr.Drs. Mochamad Widjanarko, S.Psi., M.Si Dosen Pembimbing II: Dr.Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd |
Kata Kunci: | Modul Ajar, Kearifan Lokal, Kurikulum Merdeka |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Mar 2024 20:40 |
Last Modified: | 04 Mar 2024 20:40 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/20542 |
Actions (login required)
View Item |